Tautan-tautan Akses

Korsel Cari Dukungan di Forum ASEAN


Seoul akan mengusahakan dikeluarkannya pernyataan keras mengecam Pyongyang atas tenggelamnya kapal perang Cheonan.

Pertemuan Forum Regional ASEAN bulan ini untuk pertama kalinya mungkin akan mempertemukan secara langsung Korea Utara dan Selatan sejak tenggelamnya kapal perang Korea Selatan bulan Maret lalu.

Pejabat Korea Selatan hari Selasa mengatakan mereka akan mengusahakan dikeluarkannya pernyataan keras mengecam Pyongyang atas tenggelamnya kapal itu, ketika kelompok yang beranggotakan 27 negara itu bertemu 23 Juli mendatang di Hanoi. Mereka mengatakan seruan yang pertama dikeluarkan dalam pembicaraan ekonomi minggu lalu dengan penjabat-pejabat Vietnam yang menjadi tuan rumah konferensi ASEAN itu.

Pernyataan apapun tampaknya akan disangkal keras oleh Korea Utara. Korea Utara biasanya tidak akan mengkonfirmasi kehadirannya sampai detik-detik terakhir, namun diperkirakan akan mengirim Menteri Luar Negeri Pak Ui Chun ke Hanoi.

Sebanyak 46 anggota angkatan laut Korea Selatan tewas ketika kapal perang Cheonon tenggelam 26 Maret lalu. Penyelidikan multi nasional menuduh Korea Utara menenggelamkan kapal itu. Korea Utara menyangkal keterlibatan apapun dan mengancam akan membalas langkah-langkah yang menghukum negara itu.

XS
SM
MD
LG