Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tolak Proposal Perundingan Korea Selatan

update

Suasana mengharukan saat reuni keluarga yang terpisah perang Korea diadakan di Gunung Diamond, Korea Utara, 25 Februari 2014 yang lalu (Foto: dok).

Kementerian Reunifikasi Korea Selatan merilis sebuah pernyataan dari Pyongyang,Jumat (23/1), dengan mengatakan, perundingan, pertukaran dan kontak dengan Korea Selatan tidak dapat dilakukan tanpa menyelesaikan isu-isu sanksi.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan Korea Utara menolak sebuah proposal bagi perundingan untuk mempertemukan kembali keluarga-keluarga yang terpisah karena Perang Korea, sampai Seoul membatalkan sanksi-sanksi yang dikenakan pada tahun 2010.

Kementerian Reunifikasi Korea Selatan merilis sebuah pernyataan dari Pyongyang, hari Jumat (23/1), dengan mengatakan, perundingan, pertukaran dan kontak dengan Korea Selatan tidak dapat dilakukan tanpa menyelesaikan isu-isu sanksi.

Korea Utara mengatakan Korea Selatan harus mencabut sanksi-sanksi tersebut jika berminat pada pada perundingan kemanusiaan. Sanksi-sanksi tadi dikenakan oleh Seoul dalam bulan Mei 2010 setelah sebuah kapal selam Korea Utara dituduh menenggelamkan sebuah kapal patroli Korea Selatan, menewaskan 46 pelaut.

Sanksi-sanksi tersebut menghentikan perniagaan, investasi, perjalanan dan program-program bantuan. Presiden Korea Selatan Park Geun-hye telah menganjurkan Presiden Korea Utara Kim Jong Un untuk bertemu tanpa persyaratan apa-apa.

XS
SM
MD
LG