Tautan-tautan Akses

Korea Utara Rilis Gambar Rudal dan Kim Jong Un di Pabrik Senjata


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi sebuah pabrik senjata yang memproduksi "sistem senjata utama" di lokasi yang disembunyikan, demikian informasi dan foto yang dirilis oleh KCNA pada 28 Januari 2022. (Foto: KCNA via Reuters)

Media pemerintah Korea Utara pada Jumat (28/1) pagi merilis foto-foto dari apa yang mereka katakan sebagai uji coba rudal terbaru yang dilakukan oleh negara sosialis itu pada minggu ini, yang terdeteksi oleh para negara tetangga.

Uji coba pada Selasa (25/1) dan Kamis (27/1) adalah "sistem rudal jelajah jarak jauh" dan "rudal berpemandu taktis permukaan-ke-permukaan," kata kantor berita resmi Korea Utara KCNA.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tidak dilaporkan berada di lokasi uji coba, tetapi KCNA secara terpisah merilis laporan yang mengatakan bahwa Kim mengunjungi pabrik amunisi yang "memproduksi sistem senjata utama."

Laporan KCNA itu tidak menyebut tanggal kunjungan Kim. Wajah beberapa pejabat di sekitar Kim juga disamarkan. Foto-foto itu semula diterbitkan KCNA di situs miliknya.

Pihak berwenang Korea Utara beberapa waktu lalu menyampaikan kekhawatirannya bahwa identitas pejabat yang terkait dengan program senjata mereka akan digunakan dalam pemberian sanksi terhadap Pyongyang.

Tidak jelas apakah keputusan untuk menyembunyikan wajah beberapa pejabat dalam gambar-gambar ini didasarkan pada kekhawatiran yang sama. [ka/rs]

Recommended

XS
SM
MD
LG