Tautan-tautan Akses

Korea Utara Mengaku Berhasil Uji Coba Peluncur Roket


Seorang pria menyaksikan berita tentang uji coba misil Korea Utara di Stasiun Kereta Seoul, di Seoul, Korea Utara, 29 Maret 2020.

Media milik pemerintah melaporkan, Senin (30/3), Korea Utara sukses melakukan uji coba peluncuran roket-roket terbaru sehari lalu.

Korea Utara menembakkan senjata yang sepertinya berupa dua rudal balistik jarak dekat di lepas pantai timur pada Minggu (29/3). Ini adalah uji coba terbaru dalam serangkaian peluncuran yang disebut Korea Selatan "tidak pantas" di tengah pandemi virus korona.

Kantor berita resmi Korea Utara (KCNA) mengatakan peluncuran itu bertujuan untuk memeriksa fitur strategi dan teknis dari "peluncur roket super besar," sebelum dikerahkan. Peluncur itu telah diuji coba beberapa kali sejak Agustus, serta diawasi oleh pemimpin Kim Jong Un.

KCNA tidak menyebut tentang kehadiran Kim dalam uji coba terbaru itu, yang dipimpin oleh wakil ketua partai Ri Pyong Chol dan dilakukan di Akademi Pertahanan Ilmiah Nasional.

Kegiatan itu menandai uji coba putaran keempat bulan ini sejak Korea Utara mengadakan latihan militer dan melanjutkan peluncuran rudal setelah sempat berhenti selama tiga bulan. [vm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG