Tautan-tautan Akses

Korea Utara Ingin Lebih Banyak Pembicaraan dengan Korea Selatan Tahun Depan


Pemimpin Korut, Kim Jong Un, bertemu dengan para peserta pada Rapat Nasional ke-4 Aktivis di Bidang Pertanian di Pyongyang, Korea Utara (foto: KCNA via Reuters)
Pemimpin Korut, Kim Jong Un, bertemu dengan para peserta pada Rapat Nasional ke-4 Aktivis di Bidang Pertanian di Pyongyang, Korea Utara (foto: KCNA via Reuters)

Kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un hari Minggu (30/12) mengirim surat kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyerukan untuk melanjutkan keterlibatan aktif yang telah dimulai tahun 2018 ini dengan melakukan lebih banyak pembicaraan damai tahun depan.

Ditambahkan bahwa Kim juga menunjukkan penyesalan karena tidak dapat melakukan lawatan ke Seoul pada akhir Desember ini sebagaimana yang telah direncanakan kedua pemimpin dalam pertemuan terakhir mereka di Pyongyang, September lalu.

Meskipun demikian kantor kepresidenan Korea Selatan, yang dijuluki sebagai “Blue House,” tidak merinci isi surat Kim itu.

Lewat tiga pertemuan tingkat tinggi antara Kim dan Moon tahun ini, kedua Korea menyepakati berbagai langkah dan bertekad memulihkan kerjasama ekonomi kedua negara segera setelah berakhirnya sanksi-sanksi internasional terhadap Korea Utara.

Kedua Korea telah mengambil langkah serius untuk mengurangi ancaman militer konvensional, antara lain dengan memindahkan senjata berat dan ranjau darat dari desa perbatasan Panmunjom meniadakan beberapa pos keamanan di garis depan, menciptakan zona penyangga di sepanjang perbatasan darat dan laut, serta zona larangan terbang di perbatasan. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG