Tautan-tautan Akses

AS

Korea Utara akan Deportasi Seorang Warga AS yang Ditahan Oktober


Otto Warmbier, seorang mahasiswa AS yang dibebaskan Korea Utara 16 Maret 2016, namun meninggal tak lama kemudian (foto: ilustrasi).

Korea Utara mengatakan, akan mendeportasi seorang warganegara Amerika yang ditahan pada Oktober karena secara ilegal masuk Korea Utara dari China.

Kantor berita resmi Korea Utara (KCNA) melaporkan Jumat (16/11), “Sementara diinterogasi, dia mengaku masuk secara ilegal ke dalam wilayah Korea Utara atas perintah dari CIA.”

Kantor berita itu mengatakan, tahanan itu adalah Bruce Byron Lowrance, tetapi tidak dijelaskan kapan dia akan dideportasi.

Menlu Amerika Mike Pompeo mengeluarkan pernyataan yang mengucapkan terima kasih kepada Korea Utara dan Swedia, yang membantu memfasilitasi persetujuan itu. Ditambahkan, “Keselamatan dan kesejahteraan warga Amerika merupakan prioritas terbesar dari pemerintahan Trump.”

Di masa lalu, Korea Utara lambat kalau membebaskan warga Amerika yang ditahan, dan biasanya dibebaskan hanya setelah seorang politisi datang untuk mohon pembebasan mereka. Biasanya mereka berada dalam kondisi fisik yang baik.

Tetapi hal itu tidak terjadi pada diri Otto Warmbier, seorang mahasiswa Amerika. Dia dibebaskan dalam kondisi tidak sadar setelah ditahan selama 17 bulan, dan meninggal beberapa hari kemudian. Pihak Utara membantah laporan bahwa dia disiksa.

Keputusan deportasi ini mungkin merupakan petunjuk pihak Utara ingin mempertahankan kontak yang dimulai dengan Amerika. Pada Juni, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Trump bertemu pada KTT di Singapura. [jm]

XS
SM
MD
LG