Tautan-tautan Akses

Korea Selatan: Pyongyang Siapkan Parade Militer Besar-besaran


Menurut para pejabat Korsel, sejumlah pasukan, rudal, kendaraan lapis baja dan artileri roket telah dikumpulkan di sebuah pangkalan udara di dekat Pyongyang.

Sebuah laporan dari kantor berita Korea Selatan mengatakan Korea Utara mempersiapkan parade militer terbesar selagi para delegasi tiba di Pyongyang untuk menghadiri pertemuan utama partai komunis yang berkuasa.

Kantor berita Yonhap mengutip para pejabat di Seoul mengatakan pada hari Minggu bahwa sejumlah pasukan-pasukan, rudal, kendaraan lapis baja dan artileri roket telah dikumpulkan di sebuah pangkalan udara di dekat ibukota Korea Utara sejak bulan Juli. Laporan tersebut mengatakan sebanyak 10.000 tentara berlatih untuk parade yang akan dipimpin oleh pemimpin tertinggi negara itu, Kim Jong-il.

Sementara itu, kantor berita pemerintah Korea Utara (KCNA) pekan lalu mengumumkan konferensi delegasi Partai Buruh yang berkuasa akan dibuka tanggal 28 September untuk memilih pemimpin baru.

Acara ini akan diamati secara cermat untuk mencari petunjuk apakah Kim Jong-il akan memilih putra ketiga dan termuda, Kim Jong-un, sebagai penggantinya.

XS
SM
MD
LG