Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Pertimbangkan Batalkan Latihan Militer dengan AS 2018


Atraksi kembang api menandai hitung mundur 100 hari menjelang Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang Winter Olympics, di Incheon, Korea Selatan, 1 November 2017.

Korea Selatan mempertimbangkan untuk membatalkan latihan militer bersama Amerika tahun depan, untuk mengurangi risiko agresif Korea Utara selama berlangsungnya Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, menurut laporan kantor berita Yonhap, seperti dikutip Reuters, Kamis (23/11).

Korea Utara mengecam latihan gabungan Korea Selatan dan Amerika yang disebutnya sebagai persiapan untuk menyerang Korea Utara. Pyongyang beberapa kali melakukan uji coba misil atau melakukan tindakan agresif lain untuk menanggapi kegiatan tersebut.

Olimpiade Musim Dingin akan dilangsungkan diKorea Selatan dari 9 Februari hingga 25 Februari, dan Paralympics dari 8 Maret hingga 18 Maret.

Korea Selatan dan Amerika biasanya mengadakan latihan militer bersama pada Maret dan April. Latihan yang dinamai Key Resolve dan Foal Eagle, biasanya melibatkan 17 ribu tentara Amerika dan lebih dari 300 ribu tentara Korea Selatan.

Yonhap mengutip pejabat kantor kepresidenan yang tidak disebut namanya mengatakan, opsi membatalkan latihan militer gabungan itu sudah dipertimbangkan sejak lama sekali. [ds]

Kantor kepresidenan mengatakan belum ada keputusan yang diambil, sementara kementerian pertahanan tidak mau memberikan komentar. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG