Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Akan Batalkan Bangun Pembangkit Nuklir Baru


Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sedang memberikan pidato pada upacara ulang tahun ke-17 KTT 6.15 antara Korea Selatan dan Korea Utara. 15 Juni 2017.

Korea Selatan – salah satu produsen listrik nuklir terbesar di dunia akan membatalkan rencana membangun pembangkit listrik tenaga nuklir yang baru.

Presiden Moon Jae-in hari Senin (19/6) mengatakan Korea Selatan tidak akan mendorong energi nuklir dan tidak akan berupaya memperpanjang keberadaan pembangkit nuklir yang sudah ada.

Pidato Moon disampaikan pada upacara untuk memperingati penutupan pembangkit listrik negara nuklir tertua di negara itu – Kori 1 – hampir 40 tahun setelah beroperasi.

Tahun lalu sepertiga listrik di Korea Selatan diproduksi dari pembangkit listrik tenaga nuklir. Menurut Asosiasi Nuklir Dunia, produksi listrik tenaga nuklir Korea Selatan merupakan yang terbesar kelima di dunia.

Moon menjanjikan untuk memangkas tenaga nuklir dan batubara dalam kampanye presidennya. Ia juga berjanji akan menutup pembangkit-pembangkit listrik tenaga batubara dan berhenti membangun pembangkit baru. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG