Tautan-tautan Akses

Konvoi Panglima Militer Somalia Diserang, Warga Sipil Tewas


Para petugas keamanan Somalia memeriksa sisa-sisa mobil yang hancur di lokasi ledakan bom di Mogadishu, Somalia, 13 Juli 2020.
Para petugas keamanan Somalia memeriksa sisa-sisa mobil yang hancur di lokasi ledakan bom di Mogadishu, Somalia, 13 Juli 2020.

Juru bicara militer dan layanan ambulans mengatakan Panglima Kepala militer Somalia lolos tanpa cedera dan seorang warga sipil tewas pada Senin (13/7) ketika seorang pengebom bunuh diri menabrakkan mobilnya yang bermuatan bom ke sebuah konvoi di ibu kota Mogadishu.

Kelompok Al Shabaab yang terkait dengan Al Qaeda mengaku berada di balik serangan itu.

Kolonel Abdiqani Ali, juru bicara militer, mengatakan Jenderal Yusuf Rage berada dalam konvoi di dekat rumah sakit militer di distrik Hodan, Mogadishu ketika ledakan itu terjadi.

Juru bicara operasi militer Al Shabab, Abdiasis Abu Musab, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami melakukan operasi syahid di Mogadishu. Sasarannya adalah konvoi militer yang mengawal para komandan senior yang murtad.”

Sejak 2008, kelompok militan Islamis itu telah berjuang untuk menggulingkan pemerintah pusat dan menetapkan pemerintahannya berdasarkan interpretasi sendiri yang keras tentang hukum Syariah. [lt/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG