Tautan-tautan Akses

AS

Konvensi Kedua Partai di AS Sesuaikan dengan Pandemi Covid-19


Presiden AS Donald Trump terlihat pada layar monitor memberikan pidato penerimaan nominasi sebagai Capres Partai Republik, di halaman Gedung Putih Kamis malam (27/8).

Mungkin ini konvensi tidak sebesar harapannya, tetapi Presiden Trump tetap terpenuhi keinginannya untuk memberikan pidato di hadapan kumpulan pendukungnya ketika menutup Konvensi Nasional Republik tadi malam.

Tetapi langkah pengamanan berupa penjagaan jarak sosial tidak diberlakukan secara ketat selama pidato itu. Juga hanya sedikit yang menggunakan masker pada acara ini, dan kebanyakan yang hadir tidak dites virus corona sebelum memasuki halaman Gedung Putih.

Sementara kandidat Demokrat Joe Biden, kandidat wapres Kamala Harris berpidato tanpa kehadiran pendukung, hanya beberapa reporter.

Kedua partai politik bergelut dengan realitas bahwa pandemi virus corona tidak memberi peluang untuk menyelenggarakan konvensi secara tradisional, dimana ribuan orang hadir di stadion yang besar.

Demokrat menyelenggarakan sebuah konvensi yang benar-benar virtual, dan menggunakan kombinasi pesan-pesan pemimpin partai yang direkam dari rumah masing-masing, menggunakan video yang direkam para pendukung dan video promosi, kesemuanya menghasilkan sebuah acara media sosial bermuatan politik.

Pihak Republik berusaha mempertahankan konvensi tradisional, menggunakan auditorium dengan kolom-kolom bangunan Roma sebagai latar belakang dan tidak jauh dari Gedung Putih. [jm/pp]

XS
SM
MD
LG