Tautan-tautan Akses

Kontra-Teroris AS Tolak Klaim Kelompok Teroris Menyusup Lewat Meksiko


Patroli Perbatasan AS berpatroli di Sunland Park di sepanjang perbatasan AS-Meksiko di sebelah Ciudad Juarez, 4 Januari 2016.
Patroli Perbatasan AS berpatroli di Sunland Park di sepanjang perbatasan AS-Meksiko di sebelah Ciudad Juarez, 4 Januari 2016.

Para pejabat kontra-teroris Amerika berkeras bahwa kelompok-kelompok teroris seperti ISIS dan al-Qaida tidak berusaha masuk ke Amerika lewat Meksiko, seperti yang dikatakan oleh Gedung Putih dan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

“Kami tidak melihat adanya bukti bahwa ISIS atau teroris Sunni lainnya berusaha menyusup ke Amerika lewat perbatasan Meksiko,” kata pejabat kontra-teroris senior kepada VOA. Tapi ia mengakui adanya “kerentanan” baik di perbatasan selatan dengan Meksiko ataupun di perbatasan utara dengan Kanada.

Ketika dihubungi lagi beberapa jam sebelum Presiden Trump memberikan pidato nasional Selasa (8/1) malam tentang apa yang disebutnya sebagai “krisis” di perbatasan Meksiko, para pejabat intelijen mengatakan tidak ada informasi baru untuk mengubah penilaian mereka itu.

“Tidak ada krisis seperti yang digambarkan itu,” kata Nicholas Rasmussen, mantan direktur pusat kontra teroris nasional pada Selasa dalam tulisannya di forum internet, Just Security. [ii]

XS
SM
MD
LG