Tautan-tautan Akses

Kontes Pencalonan Partai di Georgia, California Bayangi Kontestasi Presiden AS


Para pemilih meninggalkan pusat pemilihan saat pemungutan suara pendahuluan, Selasa, 21 Mei 2024, di Kennesaw, Ga. (AP/Mike Stewart)
Para pemilih meninggalkan pusat pemilihan saat pemungutan suara pendahuluan, Selasa, 21 Mei 2024, di Kennesaw, Ga. (AP/Mike Stewart)

Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump terus melangkah menuju nominasi partai, Selasa (21/5), sementara beberapa pemilu pendahuluan penting lainnya menjadi pusat perhatian.

Petahana dari Partai Demokrat dan penantangnya dari Partai Republik dengan mudah memenangkan pemilihan partai masing-masing di negara bagian Kentucky dan negara bagian Oregon hanya beberapa minggu menjelang debat pertama dari dua debat yang direncanakan.

Pertarungan antara Biden dan Trump merupakan kontes ulang dari pemilu tahun 2020, yang diklaim oleh Trump telah dimanipulasi untuk mencegahnya mengalahkan Biden.

Di negara bagian California, anggota Dewan negara bagian dari Partai Republik, Vince Fong, memenangkan pemilihan khusus untuk menggantikan mantan Ketua DPR Kevin McCarthy, yang mengundurkan diri pada bulan Desember setelah 16 tahun menjabat. McCarthy mengundurkan diri ketika kelompok konservatif garis keras dari Partai Republik melancarkan kampanye yang sukses untuk memecatnya sebagai ketua DPR setelah hanya sembilan bulan menjabat.

FILE - Masyarakat memberikan suara di tempat pemungutan suara untuk pemilihan pendahuluan presiden di Atlanta, 12 Maret 2024. (AP/Brynn Anderson)
FILE - Masyarakat memberikan suara di tempat pemungutan suara untuk pemilihan pendahuluan presiden di Atlanta, 12 Maret 2024. (AP/Brynn Anderson)

Fong, yang pernah menjadi staf McCarthy, mengalahkan Mike Boudreaux, seorang sheriff lokal, dalam pemilihan khusus hari Selasa untuk mengisi sisa masa jabatan McCarthy. Fong dan Boudreaux maju ke pemungutan suara putaran kedua setelah keduanya menjadi pemenang teratas dalam pemilihan khusus tanggal 19 Maret. Fong dan Boudreaux akan saling berhadapan lagi dalam pemilihan umum bulan November untuk masa jabatan dua tahun penuh.

Di negara bagian Georgia, Fani Willis memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat untuk terpilih kembali sebagai jaksa wilayah, atau kepala jaksa, di Fulton County (distrik setingkat kabupaten), yang mencakup ibu kota negara bagian Atlanta.

Willis menuntut Trump dan 18 orang lainnya dengan tuduhan campur tangan pemilu pada pemilu tahun 2020, termasuk keterlibatan mereka dalam apa yang disebut skema “pemilih palsu” dan pembicaraan telepon pribadi Trump dengan pejabat pemilu negara bagian pada bulan Januari 2021 yang meminta mereka untuk “menemukan” 11.780 suara untuk Trump, satu suara lebih banyak dari margin kemenangan Biden, sehingga Trump dapat mendeklarasikan kemenangan di negara bagian itu.

Willis terlibat dalam kontroversi awal tahun ini setelah terungkap bahwa dia memiliki hubungan romantis dengan jaksa penuntut khusus yang diangkatnya. Upaya sekelompok tertuduh untuk mendiskualifikasi Willis dari kasus tersebut berakhir dengan hakim mengizinkannya tetap sebagai penuntut, tetapi hanya jika Nathan Wade, jaksa penuntut khusus, mengundurkan diri. Namun pengadilan banding negara bagian telah setuju untuk meninjau banding atas permintaan Trump dan beberapa tertuduh lainnya.

Penantang Willis dari Partai Republik adalah pengacara Courtney Kramer, yang bertugas di Gedung Putih semasa kepresidenan Trump dan pada tim kampanye Trump pada pilpres 2020. Willis dianggap sebagai kandidat yang difavoritkan untuk memenangkan pemilihan kembali di wilayah yang dikuasai Partai Demokrat itu.

Scott McAfee, hakim yang mengawasi kasus mantan presiden tersebut, memenangkan pemilihan non-partisan untuk tetap menduduki kursinya di Pengadilan Superior Fulton County. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG