Tautan-tautan Akses

Konsul Brazil: Carlos Ghosn Baik-Baik Saja


Mantan CEO Renault Group, Carlos Ghosn, saat memberikan keterangan di distrik bisnis La Defense luar kota Paris, Perancis, 6 Oktober 2017. (Foto: dok).

Mantan bos Nissan Carlos Ghosn, yang ditangkap di Jepang atas tuduhan memalsukan pendapatannya, tampak siap menghadapi kasusnya di pengadilan dan minta dikirimi buku-buku yang berisi kisah menegangkan, menurut konsul jenderal Brazil.

Joao de Mendonca Lima Neto, salah satu dari sedikit orang yang diizinkan menjenguk Ghosn, mengatakan Ghosn terlihat sehat dan dalam kondisi baik.

“Kesan saya, ia seperti orang kuat yang akan memperjuangkan kasusnya dengan sepantasnya. Ia tidak terlihat cemas,” kata Mendonca kepada kantor berita The Associated Press, Rabu di konsulat Brazil di Tokyo. “Saya mengagumi sikapnya.”

Mendonca menolak mengomentari tuduhan-tuduhan terhadap Ghosn, dengan mengatakan tugasnya adalah membantu warga Brazil mengatasi persoalan mereka.

Ia mengatakan, ia menyampaikan pesan-pesan verbal antara Ghosn dan keluarganya. Namun, ia tidak mau mengungkapkan apa pesan-pesan tersebut.

Ghosn, yang sebelumnya memimpin aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Motors, ditangkap bulan lalu atas tuduhan memalsukan laporan pendapatannya hingga jutaan dolar di bawah pendapatan yang sesungguhnya selama bertahun-tahun.

Dilahirkan di Brazil, Ghosn memiliki kewarganegaraan Perancis, Lebanon dan Brazil. Hanya perwakilan negara dan pengacaranya yang diizinkan menemui tersangka yang ditahan di penjara Jepang. [ab]

XS
SM
MD
LG