Tautan-tautan Akses

Kongres Ingatkan AS Gagal Hadapi Meningkatnya Ancaman China


Bendera China dan Amerika Serikat menjelang sesi negosiasi dagang antara kedua negara di Beijing, China, 28 Juni 2019.

Sejumlah anggota Kongres, Rabu (30/9), menyampaikan peringatan tentang ancaman dari China, mengingatkan Washington DC yang sejauh ini gagal mengejar ketertinggalan dari China yang tampil sebagai kekuatan dunia.

Keprihatinan, yang disampaikan dalam dua laporan terpisah itu, mengecam badan-badan intelijen dan pengambil kebijakan di Amerika Serikat, karena terlalu lama berpegang teguh pada gagasan bahwa peningkatan perdagangan dan interaksi dengan China akan mendorong negara itu menyelaraskan diri dengan nilai-nilai Barat.

Alih-alih, laporan itu membantah bahwa Amerika berjuang keras melawan ancaman nyata bahwa China menggantikan posisi Amerika di panggung dunia. “Taruhannya tinggi,” demikian menurut petikan laporan yang dirilis oleh faksi Demokrat di Komite Intelijen DPR.

Laporan itu didasarkan pada ratusan jam wawancara dengan pejabat-pejabat intelijen dan kajian atas ratusan penilaian itu mengecam badan-badan intelijen Amerika karena menjadi sangat fokus pada misi kontraterorisme dan gagal mengadaptasi diri terhadap ancaman perubahan dunia. [em/ft]

Lihat komentar (4)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG