Tautan-tautan Akses

Kongres Beralih pada Operasi Rusia Pengaruhi Pemilih AS


Wakil Ketua Komite Intelijen Senat Mark Warner setelah pertemuan di Capitol Hill, Washington, 9 Mei 2019.

Ketika perhatian dipusatkan pada Rusia untuk mempengaruhi pemilihan Amerika, ada kekhawatiran terhadap aspek lainnya dari operasi Moskow untuk mempengaruhi politik Amerika yang luput dari perhatian.

Khususnya, beberapa anggota kongres dan pakar khawatir upaya mempengaruhi juga bisa tercipta lewat cara lama seperti pertemuan tatap muka, pemberian janji-janji kemudahan tertentu, dan pemberian uang.

Dalam rangka untuk mencegah bahaya ini, Komite Intelijen Senat pada Selasa (21/5) mengusulkan sebuah rancangan undang-undang yang mensyaratkan semua organisasi kampanye politik Amerika melaporkan kontak dengan warga asing yang hendak bekerja sama atau mengoordinir usaha pemilihan kandidat.

“Kebanyakan warga Amerika sudah tahu kalau ada pihak asing berusaha mendekati dan ikut campur dalam pemilihan kita, hal itu wajib dilaporkan,” demikian kata Senator Mark Warner dari Virginia dalam sebuah pernyataan.

Warner menambahkan, “jelas beberapa orang Amerika tidak mengindahkan tanggung jawab itu,” dan ini merupakan sindiran langsung terhadap Presiden Donald Trump.

Undang-Undang Pelaporan Pengaruh Asing dalam Pemilihan atau FIRE Act, akan memberi mandat kepada organisasi kampanye politik melaporkan kontak seperti itu dalam kurun seminggu kepada Komisi Pemilihan Federal dan FBI. [jm]

XS
SM
MD
LG