Tautan-tautan Akses

Kongres AS Sepakat Danai Pemerintah Federal Hingga September


Ketua DPR AS, Paul Ryan (kanan) berbincang dengan Pemimpin Minoritas DPR AS, Nancy Pelosi, di Gedung Capitol, Washington DC, 8 Desember 2016.(Foto: dok).
Ketua DPR AS, Paul Ryan (kanan) berbincang dengan Pemimpin Minoritas DPR AS, Nancy Pelosi, di Gedung Capitol, Washington DC, 8 Desember 2016.(Foto: dok).

Para juru runding kongres AS meraih kesepakatan Minggu malam (1/5), terkait paket anggaran sebesar 1 triliun dolar yang akan mendanai pemerintah federal sampai September.

Perjanjian itu termasuk poin-poin yang diusung kubu Republik dan Demokrat, dan apabila disahkan oleh Senat dan DPR, maka itu akan menjadi UU bipartisan besar pertama di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

Para pembantu Kongres mengatakan akan ada 1.5 miliar dolar untuk keamanan perbatasan, tapi dana itu dialokasikan untuk kepentingan lain selain tembok perbatasan AS-Meksiko yang dikehendaki Trump.

Namun presiden berhasil mendapatkan dana 15 miliar dolar untuk mendorong anggaran militer.

Kesepakatan itu juga diperkirakan akan mencakup dana tambahan 2 miliar dolar bagi Institut Kesehatan Nasional, serta dana untuk mengatasi penyalahgunaan opioid, menyediakan layanan kesehatan kepada para pensiunan penambang batu bara dan untuk membantu Puerto Rico membiayai layanan kesehatan bagi warga miskin.

Kongres harus menyetujui RUU anggaran itu dan Trump harus menandatanganinya sebelum Jumat untuk menghindari penghentian sementara operasi pemerintah federal (shutdown).

Para anggota Kongres telah mengesahkan UU anggaran jangka pendek untuk mencegah shutdown yang sedianya dimulai Sabtu.

Pertarungan anggaran putaran berikutnya adalah mengenai tahun fiskal 2018, yang dimulai 1 Oktober. [vm]

XS
SM
MD
LG