Tautan-tautan Akses

Konferensi OBOR di Beijing Telurkan Rencana Aksi 270 Proyek


Negara-negara yang ikut dalam forum dua hari One Belt, One Road yang diadakan di Beijing sepakat untuk menjalankan rencana aksi yang menyangkut 270 proyek.

Presiden China Xi Jinping mengatakan, negara-negara yang ikut dalam forum dua hari One Belt, One Road yang diadakan di Beijing sepakat menjalankan rencana aksi yang menyangkut 270 proyek.

Ketika berbicara pada akhir forum, presiden Xi Jinping mengatakan ke-30 kepala negara yang hadir menandatangani komunike bersama untuk mendorong terciptanya ekonomi global yang terbuka, untuk menyeimbangkan globalisasi dan terus melaksanakan liberalisasi perdagangan.

Proyek One Belt - One Road China itu dipusatkan pada penciptaan konektivitas dan kerjasama antara China dan negara-negara di kawasan Eurasia. Program itu mencakup pembukaan “jalur ekonomi Jalan Sutera” dan jalur laut yang disebut “Jalan Sutera Maritim.”

Presiden Xi Jinping menekankan bahwa China tidak akan mendasarkan kerjasama itu pada ideologi atau politik, untuk menepis kecaman bahwa proyek raksasa itu akan berdampak pada politik global.

“Program One Belt and One Road itu memang berasal dari China tapi adalah milik dunia,” kata Xi dalam pidatonya hari Senin. Proyek-proyek konstruksinya terletak di berbagai kawasan yang tingkat pembangunan dan peradabannya berbeda, tapi tetap terbuka dan inklusif,” kata Xi Jinping lagi. [ii]

XS
SM
MD
LG