Tautan-tautan Akses

Komisi Eropa akan Bertindak untuk Blokir Sanksi AS terhadap Iran


Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker
Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker

Komisi Eropa akan hari Jumat (18/5) akan mengajukan rencana untuk melarang perusahaan-perusahaan Eropa memberlakukan sanksi-sanksi Amerika terhadap Iran, suatu langkah yang akan membantu perjanjian nuklir Iran tetap utuh dan akan membela kepentingan perusahaan Eropa.

“Kami memiliki kewajiban untuk melindungi perusahaan-perusahaan Eropa,” kata Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, setelah pertemuan para pemimpin Uni Eropa hari Kamis di Sofia, Bulgaria. “Kami kini perlu bertindak dan ini sebabnya kami meluncurkan prosesnya.”

Juncker mengatakan Komisi akan memulai proses mengaktifkan apa yang yang disebut undang-undang pemblokiran, yang melarang perusahaan-perusahaan Uni Eropa menerapkan sanksi-sanksi dan putusan pengadilan apapun yang memberlakukan sanksi-sanksi Amerika.

Juncker juga mengatakan komisi akan terus bekerjasama dengan Iran dan Bank Investasi Eropa akan diizinkan memfasilitasi investasi perusahaan Eropa ke negara di Teluk Persia itu.

Langkah komisi tersebut merupakan pembalasan atas keputusan Presiden Amerika Donald Trump untuk mundur dari perjanjian nuklir Iran dan langkah selanjutnya untuk memberlakukan kembali sanksi-sanksi keras terhadap Teheran. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG