Tautan-tautan Akses

Komisi Baru DPR AS Berfokus pada Persaingan Strategis dengan China


Bendera Amerika dan China berkibar di Taman Salju Genting menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022, 2 Februari 2022, di Zhangjiakou, China. (Foto: AP)
Bendera Amerika dan China berkibar di Taman Salju Genting menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022, 2 Februari 2022, di Zhangjiakou, China. (Foto: AP)

Para anggota kongres AS memulai penyelidikan luas selama dua tahun terhadap persaingan strategis AS dengan China pada Selasa (28/2) malam, dengan kesaksian dari para aktivis hak asasi manusia dan mantan penasihat keamanan nasional AS.

Awal penyelidikan dilakukan dua minggu setelah Amerika Serikat menembak jatuh balon mata-mata China di lepas pantai South Carolina.

“Ini adalah perjuangan eksistensial tentang seperti apa kehidupan pada abad ke-21, dan kebebasan paling mendasar dipertaruhkan,” kata anggota kongres dari Partai Republik Mike Gallagher, ketua Komisi untuk Persaingan Strategis dengan China yang beranggotakan 24 orang.

Anggota Kongres Raja Krishnamoorthi, Demokrat paling senior di komite itu, menyoroti perlunya kerja sama bipartisan.

“Kita harus menyadari bahwa Partai Komunis China ingin kita terpecah belah, partisan, dan berprasangka buruk,” kata Krishnamoorthi.”

Mantan penasihat keamanan nasional yang bertugas selama pemerintahan Presiden Donald Trump memperingatkan para anggota kongres pada sidang hari Selasa bahwa Amerika Serikat harus bergerak lebih cepat.

“Amerika Serikat dan negara-negara lain di seluruh dunia bebas menanggung erosi keunggulan kompetitif melalui alih modal dan teknologi ke pesaing strategis,” kata H.R. McMaster kepada komite itu.

Presiden Joe Biden mengatakan awal tahun ini bahwa Amerika Serikat bersaing dengan China, bukan berkonflik. Namun para saksi mengatakan kepada panel bahwa China melihat hubungannya dengan AS secara berbeda.

Penyelidikan luas komite akan memungkinkan munculnya perspektif baru tentang ancaman keamanan. Anggota Kongres dari Partai Republik Dan Newhouse mengatakan kepada VOA bahwa dia prihatin dengan pembelian tanah oleh China di wilayah-wilayah pertanian Amerika Serikat.

Anggota komite itu juga mengatakan kepada VOA bahwa balon mata-mata China hanyalah sebagian kecil dari ancaman keamanan.

Sementara sesi pertama berfokus pada masalah keamanan, kerja komite diharapkan akan mengatasi berbagai masalah dalam hubungan kedua negara – mulai dari persaingan ekonomi dan pertanian hingga asal mula pandemi COVID-19. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG