Tautan-tautan Akses

AS

Komando AS akan Diumumkan Minggu Depan


Wakil Presiden AS Mike Pence berbicara dalam pertemuan Dewan Antariksa Nasional yang digelar di bawah pesawat ulang alik "Discovery" di Museum NASA, Chantilly, Va., 20 Agustus 2019.

Komando Antariksa Amerika akan diresmikan pada 29 Agustus. Hal itu menjadi satu langkah maju ke arah pendirian Angkatan Antariksa yang diumumkan Presiden Donald Trump pada Juni tahun lalu.

Angkatan Antariksa atau Space Force itu akan menjadi kekuatan terpisah dari militer Amerika yang ada sekarang.

“Angkatan Antariksa Amerika akan menjamin supaya bangsa kita bisa melindungi rakyat dan kepentingan kita, dan mempertahankan nilai-nilai yang kita anut di antariksa yang maha luas,” kata Wakil Presiden Mike Pence di Departemen Pertahanan, Selasa (20/8).

Peluncuran Komando Antariksa ini akan mempercepat usaha yang telah dilakukan sejak lama untuk menata kembali kemajuan dan kecanggihan Amerika di antariksa.

Peran militer Amerika di antariksa menjadi sorotan karena Amerika semakin tergantung pada satelit-satelit yang mengorbit bumi, yang sulit dilindungi dari kemungkinan serangan musuh. Satelit-satelit itu membantu komunikasi, navigasi, dinas intelijen dan layanan lain yang penting bagi keperluan militer dan perekonomian nasional. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG