Tautan-tautan Akses

Komandan Israel: Hamas Gunakan Roket Buatan Iran


Pesawat Israel melakukan serangan udara terhadap Gaza untuk membalas serangan roket yang diduga dilakukan oleh Hamas (29/5).
Pesawat Israel melakukan serangan udara terhadap Gaza untuk membalas serangan roket yang diduga dilakukan oleh Hamas (29/5).

Seorang komandan militer Israel hari Rabu (30/5) mengklaim beberapa roket yang ditembakkan ke Israel dari Gaza berasal dari Iran.

Sambil berdiri di sebuah sekolah taman kanak-kanak wakil Komandan Divisi Gaza Kobi Veller mengatakan kepada wartawan, hari Selasa mereka terkena mortir dan "Hamas bertanggung jawab atas semua yang terjadi di Jalur Gaza" karena mereka "tidak membedakan antara sasaran sipil dan sasaran militer".

Veller menyampaikan pernyataan itu, sementara ketenangan pulih di dan sekitar Gaza, setelah penguasa Hamas di wilayah itu mengatakan sepakat untuk gencatan senjata dengan Israel guna mengakhiri kekerasan terbesar sejak perang 2014.

Militer Israel menyerang puluhan pos militan di Gaza sepanjang malam sementara tembakan roket berlanjut ke arah komunitas Israel selatan sampai Rabu pagi, yang memicu sirene di daerah itu sepanjang malam.

Daerah perbatasan itu selama berminggu-minggu terakhir tegang ketika warga Palestina mengadakan demonstrasi massal untuk mencabut blokade Israel-Mesir yang melumpuhkan. Blokade Israel terhadap Gaza mulai diberlakukan setelah Hamas merebut kekuasaan pada 2007. [my/al]

XS
SM
MD
LG