Tautan-tautan Akses

Kilas Balik: Kronologi Suram Penembakan Massal Di Amerika Serikat


Petugas keamanan berjaga-jaga di luar Robb Elementary School setelah penembakan pada hari Selasa, 24 Mei 2022, di Uvalde, Texas.
Petugas keamanan berjaga-jaga di luar Robb Elementary School setelah penembakan pada hari Selasa, 24 Mei 2022, di Uvalde, Texas.

Seorang pria bersenjata menembaki sekolah dasar di Texas selatan pada Selasa (24/5), menewaskan 19 siswa dan dua guru.

Pelaku juga tewas di lokasi penembakan di Robb Elementary School di kota kecil Uvalde, Texas, sekitar 130 km dari San Antonio.

Insiden penembakan ini adalah salah satu dari serangkaian penembakan massal lainnya di Amerika. Tercatat ada 61 insiden "penembak aktif" sepanjang tahun lalu. Jumlah insiden, korban dan lokasi penembakan meningkat tajam pada tahun 2021 dan merupakan angka tertinggi sepanjang 20 tahun terakhir, seperti yang dilaporkan oleh FBI minggu ini.

FBI mendefinisikan penembak aktif sebagai "satu atau lebih individu yang secara aktif terlibat pembunuhan atau upaya membunuh orang di daerah berpenduduk."

Serangan penembak aktif tidak sama dengan penembakan massal, yang biasanya didefinisikan sebagai penembakan yang melibatkan empat atau lebih korban dan dapat terjadi di ruang publik atau pribadi.

Berikut daftar penembakan massal yang terjadi baru-baru ini:

BUFFALO, 14 Mei 2022 - Seorang pria kulit putih bersenjata menewaskan 10 orang kulit hitam di dalam supermarket dalam serangan bermotivasi rasial. Ia didakwa bersalah dan kini tengah ditahan di penjara tanpa jaminan.

NEW YORK CITY, 12 April 2022 - 23 orang pengguna kereta bawah tanah (subway) di New York terluka ketika seorang pria berusia 62 tahun meledakkan granat asap dan menembaki orang-orang di dalam subway. Serangan ini tecatat sebagai serangan terkejam di subway New York. Ia ditahan keesokan harinya.

OXFORD, 30 November 2021 - Empat siswa tewas dan tujuh orang terluka ketika seorang remaja menembaki SMA di Oxford, Michigan.

INDIANAPOLIS, 16 April 2021 - Mantan pegawai FedEx yang menjalani pengobatan psikiatri menembaki delapan orang hingga tewas dan melukai beberapa lainnya di salah satu lokasi perusahaan itu di Indiana sebelum akhirnya bunuh diri.

LOS ANGELES, 31 Maret 2021 - Empat orang tewas, salah satunya anak kecil, dalam penembakan di gedung perkantoran di pinggiran kota Los Angeles. Pelaku penembakan ditangkap.

BOULDER, 22 Maret 2021 - Penembakan massal di supermarket di Boulder, Colorado menewaskan 10 orang, termasuk seorang polisi.

ATLANTA, 16 Maret 2021 - Delapan orang, termasuk enam perempuan keturunan Asia, tewas tertembak dalam serangkaian serangan di panti pijat di Atlanta dan sekitarnya. Pria pelaku penembakan ditahan.

MILWAUKEE, 26 Februari 2020 - Seorang pria bersenjata menembaki tempat pembuatan bir di Molson Coors Beverage Co di Milwaukee, dan menewaskan lima rekan kerjanya sebelum ia akhirnya bunuh diri.

DAYTON, 4 Agustus 2019 - Seorang pria bersenjata yang mengenakan pelindung tubuh melepaskan tembakan di tengah kota di Dayton, Ohio, dan menewaskan sembilan orang termasuk saudara perempuannya. Polisi menembak mati pelaku.

EL PASO, 3 Agustus 2019 - Seorang pria menembaki 22 orang hingga tewas di supermarket Walmart di El Paso, Texas. Dalam sebuah pernyataan, yang diyakini ditulis oleh pelaku, serangan itu disebut sebagai "respons terhadap invasi warga Hispanik di Texas."

VIRGINIA BEACH, 31 Mei 2019 - Seorang pegawai yang sakit hati menembaki rekan kerjanya di gedung pemerintahan di Virginia, menewaskan 12 orang sebalum akhirnya tewas ditembak polisi.

AURORA, 15 Februari 2019 - Seorang pria menembaki pabrik di Illinois setelah dipecat, menewaskan lima pegawai pabrik sebelum akhirnya ditembak mati oleh polisi.

THOUSAND OAKS, 7 November 2018 - Mantan Marinir veteran perang menewaskan 12 orang di bar di Thousand Oaks, California, pinggiran kota Los Angeles. Ia lalu bunuh diri.

PITTSBURGH, 27 Oktober 2018 - Seorang pria bersenjata menerobos sinagoga Tree of Life dekat Pittsburgh dan menembaki jemaat yang tengah menjalani ibadah Sabat, menewaskan 11 orang.

SANTA FE, 18 Mei 2018 - Seorang siswa berusia 17 tahun menembaki sekolahnya di pinggiran kota Houston, Texas, dan menewaskan 17 siswa lainnya dan seorang guru, sebelum menyerahkan diri kepada polisi.

PARKLAND, 14 Februari 2018 - Mantan siswa SMA Marjory Stoneman Douglas High School di Parkland, Florida, menewaskan 17 siswa dan guru.

SUTHERLAND SPRINGS, 5 November 2017 - Seorang pria yang dipecat dari Angkatan Udara AS karena memukuli istri dan anaknya, menembaki 26 orang hingga tewas di gereja di Texas, tempat mertuanya beribadah sebelum akhirnya bunuh diri.

LAS VEGAS, 1 Oktober 2017 - Seorang pria bersenjata menembaki festival musik country dari kamar hotel di lantai 32, menewaskan 58 orang sebelum akhirnya bunuh diri.

ORLANDO, 12 Juni 2016 - Seorang pria bersenjata menewaskan 49 orang di Pulse, klub malam gay, sebelum ditembak mati oleh polisi.

SAN BERNARDINO, 2 Desember 2015 - Pasangan suami istri menewaskan 14 orang di acara kantor merayakan musim liburan Natal dan Tahun Baru di San Bernardino, Southern California sebelum ditembak mati oleh polisi.

ROSEBURG, 1 Oktober 2015 - Seorang pria bersenjata menyusup ke kampus di Oregon dan menewaskan sembilan orang sebelum ditembak mati oleh polisi.

CHARLESTON, 17 Juni 2015 - Seorang pendukung supremasi kulit putih menewaskan sembilan orang jemaat gereja kulit hitam di sebuah gereja di Charleston, South Carolina. Ia dijatuhi hukuman mati.

WASHINGTON, 16 September 2013 - Seorang mantan tentara cadangan Angkatan Laut AS yang bekerja sebagai pegawai kontrak pemerintah membunuh 12 orang di Washington Navy Yard. Ia ditembak mati oleh polisi.

NEWTOWN, 14 Desember 2012 - Seorang pria bersenjata membunuh 26 orang, termasuk 20 anak-anak berusia lima hingga 10 tahun, dalam sebuah serangan di Sandy Hook Elementary School di Connecticut.

AURORA, 20 Juli 2012 - Seorang pria bersenjata yang mengenakan penutup wajah menewaskan 12 orang di sebuah bioskop di Aurora, Colorado. Ia dijatuhi hukuman seumur hidup.

FORT HOOD, 5 November 2009 - Seorang tentara berpangkat mayor dan psikiater menembaki Fort Hood, pangkalan militer Angkatan Darat AS di Texas, menewaskan 13 orang. [dw/np]

XS
SM
MD
LG