Tautan-tautan Akses

Khan Kecam Trump yang Pertanyakan Komitmen Pakistan dalam Upaya Anti-Teror 


PM Pakistan Imran Khan di Beijing, China, 2 November 2018. (Foto: dok).
PM Pakistan Imran Khan di Beijing, China, 2 November 2018. (Foto: dok).

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dengan tajam mengkritik Presiden Donald Trump, Senin (19/11) karena mempertanyakan upaya anti-teror Pakistan. Khan mengatakan Washington menjadikan Islamabad sebagai “kambing hitam” dalam “kegagalan” Amerika di Afghanistan.

Dalam sebuah wawancara yang disiarkan hari Minggu di jaringan televisi Amerika, Fox News, Trump membela keputusannya untuk menahan ratusan juta dolar bantuan militer ke Pakistan, dan mengatakan bahwa negara itu tidak “melakukan apa pun untuk kami.”

Presiden Trump melanjutkan dengan tuduhan bahwa Pakistan melindungi pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden sebelum dia dilacak dan dibunuh oleh Pasukan Khusus Amerika pada tahun 2011 dalam serangan sepihak yang berani pada malam hari dengan menggunakan helikopter di dalam negeri Pakistan.

Khan menolak tuduhan Trump terhadap negaranya dalam serangkaian cuitan di Twitter, dan mengatakan Pakistan berpartisipasi dalam “perang melawan teror” yang dilancarkan oleh Amerika, meskipun tidak ada warga Pakistan yang terlibat dalam serangan September 2001 di Amerika yang mendorong invasi militer ke Afghanistan. [lt]

XS
SM
MD
LG