Tautan-tautan Akses

Ketua Parlemen Vietnam Mundur di tengah Penyelidikan Antikorupsi


Ketua Majelis Nasional Vietnam Vuong Dinh Hue berbicara dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di majelis nasional di Hanoi, Vietnam, 13 Desember 2023. (Foto: Minh Hoang/AP Photo)
Ketua Majelis Nasional Vietnam Vuong Dinh Hue berbicara dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di majelis nasional di Hanoi, Vietnam, 13 Desember 2023. (Foto: Minh Hoang/AP Photo)

Ketua Parlemen Vietnam, Vuong Dinh Hue – yang diyakini sebagai pesaing utama untuk jabatan tertinggi Vietnam – mengundurkan diri di tengah penyelidikan korupsi terhadap sebuah perusahaan real estat. Sejumlah aktivis mengatakan perebutan kekuasaan di dalam Partai Komunis adalah penyebab jatuhnya Hue.

Setelah pertemuan Komite Pusat Partai Komunis pada Jumat (26/4), komite tersebut mengumumkan bahwa atas permintaannya sendiri, Hue mengundurkan diri dari perannya sebagai ketua Majelis Nasional, salah satu dari empat pilar dalam sistem politik Hanoi.

Menurut Komite Inspeksi Pusat, Hue melanggar peraturan Partai Komunis dan pelanggaran ini telah mempengaruhi reputasi partai, negara serta Hue sendiri.

Pengunduran diri Hue diyakini ada kaitannya dengan tuduhan korupsi yang diajukan kepada salah satu pembantu utamanya. Pham Thi Ha, wakil kepala kantor Majelis Nasional dan asisten Hue, ditangkap pada Minggu (21/4) atas dugaan penyalahgunaan kekuasaan.

Penangkapan Ha adalah bagian dari penyelidikan korupsi di Thuan An Corporation, menurut pernyataan Kementerian Keamanan Publik pada Minggu. Media lokal VnExpress melaporkan bahwa perusahaan tersebut didirikan pada 2004 oleh ketuanya, Nguyen Duy Hung, dan operasinya meliputi pembangunan infrastruktur, perdagangan listrik dan energi terbarukan, real estate dan investasi.

Hung ditangkap pada 15 April atas tuduhan melanggar peraturan mengenai lelang dan penyuapan, bersama dengan lima orang lainnya, menurut pernyataan Kementerian Keamanan Publik.

Nguyen Hong Hai, dosen senior di VinUniversity di Hanoi, mengatakan kepada VOA melalui telepon pada Jumat bahwa Hue sangat dihormati dan dipandang sebagai "bintang cemerlang" yang bisa mengambil alih peran sekretaris jenderal dari Nguyen Phu Trong yang berusia 80 tahun di Kongres Nasional pada 2026.

“Dari orang-orang yang bekerja dengannya dan bertemu dengannya sebelumnya, mereka selalu memuji kecerdasan dan kemampuannya,” Hai, yang memiliki gelar Ph.D. di bidang ekonomi, kata Hue.

“Jika dia tidak melanggar peraturan partai… Saya pikir ada kemungkinan dia bisa dipromosikan ke posisi sekretaris jenderal.”

Hai menambahkan bahwa pengunduran diri Hue harus dilihat sebagai bagian dari kampanye antikorupsi Sekretaris Jenderal Trong, yang dijuluki Tungku Berkobar, dan mengirimkan pesan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat lolos dari gerakan anti-korupsi.

“Ini adalah pesan yang jelas dari partai bahwa tidak ada pengecualian bagi seseorang yang telah melakukan kesalahan atau melakukan praktik negatif,” kata Hai. [ft/ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG