Tautan-tautan Akses

Ketua Oposisi Rusia akan Tantang Presiden Putin dalam Pemilu


Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny (kanan) didampingi isterinya, Yulia (kiri) merayakan nominasinya sebagai calon presiden dalam pilpres mendatang di Moskow, Rusia, 24 Desember 2017.

Alexei Navalny, yang dianggap sebagai satu-satunya pemimpin oposisi Rusia, dan sedang berusaha mendapat peluang untuk menantang Presiden Vladimir Putin, hari Minggu (24/12) akan mengupayakan namanya masuk dalam surat suara untuk pemilu Maret 2018.

Laki-laki karismatik, usia 41 tahun, itu menyatakan niatnya mengikuti pemungutan suara, tetapi para pejabat menilainya tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri karena ada tuntutan hukum pidana, yang menurutnya bermotif politik.

Putin, usia 65 tahun, awal bulan ini mengumumkan mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat, yang akan memperpanjang kekuasaannya sampai tahun 2024 dan menjadikannya pemimpin Rusia yang paling lama menjabat sejak diktator Joseph Stalin.

Meskipun dirongrong banyak masalah seperti korupsi, perawatan kesehatan yang buruk dan kemiskinan yang meningkat, tingkat popularitas Putin 80 persen sehingga ia diperkirakan unggul atas lawan-lawannya.

Navalny menyebut Putin "penipu" dan mengindikasikan tak akan menyerah. [ka]

XS
SM
MD
LG