Tautan-tautan Akses

Ketegangan Yunani-Turki Meningkat karena Persoalan Siprus


Presiden Turki Tayyip Erdogan (kiri) dan pemimpin Siprus-Turki, Mustafa Akinci berbicara di Nicosia, Siprus Turki, 10 Juli 2018 (foto: dok).
Presiden Turki Tayyip Erdogan (kiri) dan pemimpin Siprus-Turki, Mustafa Akinci berbicara di Nicosia, Siprus Turki, 10 Juli 2018 (foto: dok).

Ketegangan meningkat antara Yunani dan Turki lantaran pulau Siprus yang terbagi dua itu. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh Siprus Yunani melakukan kebijakan "agresif", sementara media lokal melaporkan bahwa Turki berencana membangun pangkalan angkatan laut di wilayah Turki, di pulau Mediterania itu.

Surat-surat kabar Turki yang bersekutu dengan Erdogan hari Senin melaporkan, pangkalan angkatan laut dapat dibangun pada 2019 di wilayah Siprus Turki di pulau itu.

"Laporan tentang pangkalan angkatan laut itu harus ditanggapi secara serius," kata profesor hubungan internasional, Serhat Guvenc dari Universitas Kadir Has di Istanbul.

Turki sejauh ini tidak membantah laporan rencana untuk membangun instalasi itu. Dalam beberapa tahun terakhir, militer Turki telah memulai kebijakan baru untuk membangun pangkalan permanen di pangkalan-pangkalan luar negeri, termasuk di Somalia dan Qatar. Laporan-laporan yang belum dikonfirmasi mengatakan, satu pangkalan angkatan laut Turki juga sedang dibangun di salah satu pulau Sudan di Laut Merah. (ps/is)

Recommended

XS
SM
MD
LG