Tautan-tautan Akses

Ketegangan Turki-Yunani Meningkat Terkait Ambisi Ankara di Laut Tengah


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) bersalaman dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis (kanan) dalam pertemuan bilateral di sela-sela KTT NATO di Watford, London. (Foto: Biro Setpres Turki via AP)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis bertemu pada Rabu (4/12). Pertemuan itu adalah upaya untuk meredakan ketegangan atas perairan wilayah yang disengketakan di Laut Tengah bagian timur.

Pertemuan yang digelar di sela-sela KTT NATO di London itu terjadi di tengah ketegangan Turki - Yunani atas sengketa wilayah itu.

Ketegangan bilateral meningkat karena kesepakatan Turki dengan Libya yang meningkatkan kekuasaan Turki atas perairan di Laut Tengah bagian timur. Wilayah ini sedang diperebutkan karena memiliki cadangan energi potensial.

Yunani mendesak rincian lengkap perjanjian Turki-Libya, yang ditandatangani Erdogan di Istanbul dengan National Accord Government (GNA) yang berkantor di Tripoli. Dalam perjanjian itu, Turki memperluas kekuasaanya di Laut Tengah bagian timur dengan membuka daerah itu untuk mencari minyak dan gas alam.

Athena mengutuk perjanjian itu, karena perjanjian itu katanya menolak wilayah perairan dari tiga pulau Yunani yang penting. [ps/ii]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG