Tautan-tautan Akses

AS

Kesepakatan Brexit Hambat Perdagangan AS-Inggris


Presiden Donald Trump berbicara kepada para awak media sebelum menaiki Marine One di South Lawn di Gedung Putih di Washington, D.C., hari Senin, 26 November 2018 untuk sebuah kunjungan singkat ke Lanud Andrews, Md dan dilanjutkan ke Mississippi (foto: AP Photo/Andrew Harnik)

Presiden Donald Trump hari Senin mengatakan kesepakatan yang memungkinkan Inggris keluar dari Uni Eropa mungkin lebih menyulitkan perdagangan antara Amerika dan Inggris, tetapi kantor perdana menteri Inggris membantah interpretasi Trump.

Kepada wartawan di luar Gedung Putih, Trump mengatakan, kesepakatan itu kedengarannya akan baik bagi Uni Eropa, tetapi menurutnya, harus dilihat secara serius apakah Inggris diizinkan berdagang atau tidak.

Trump berharap Perdana Menteri Inggris Theresa May mampu mengatasi masalah itu, tetapi ia tidak menyebut secara spesifik ketentuan mana dari kesepakatan itu yang ia khawatirkan.

Juru-bicara May mengatakan kesepakatan yang dicapai dengan Uni Eropa memungkinkan Inggris menandatangani kesepakatan dagang dengan negara di seluruh dunia, termasuk Amerika.

Berdasar kesepakatan yang dicapai dengan pimpinan Uni Eropa hari Minggu, Inggris akan meninggalkan blok itu Maret nanti tetapi hubungan perdagangan yang dekat akan berlanjut. Tetapi tampaknya tidak mudah bagi May membuat parlemen Inggris yang terpecah menyetujui kesepakatan itu. [ka]

XS
SM
MD
LG