Tautan-tautan Akses

Kerry Desak Oposisi Suriah Hadiri Perundingan Damai


Menlu AS John Kerry hari Kamis (16/1) mendesak oposisi Suriah menghadiri perundingan damai di Jenewa, Swiss.
Menlu AS John Kerry hari Kamis (16/1) mendesak oposisi Suriah menghadiri perundingan damai di Jenewa, Swiss.

Menlu AS John Kerry hari Kamis (16/1) mendesak oposisi Suriah agar menghadiri perundingan damai pekan depan yang diadakan di Jenewa, Swiss.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mendesak oposisi Suriah yang terpecah untuk memutuskan hari Jumat agar menghadiri perundingan damai pekan depan di Swiss.

Berbicara hari Kamis (16/1) di Washington, John Kerry mengatakan satu-satunya tujuan dari perundingan itu adalah untuk menjalankan ketetapan Jenewa 2012 dengan membentuk badan transisi melalui kesepakatan bersama antara pihak oposisi dan pemerintah Suriah. Ia mengatakan itu merupakan satu-satunya cara untuk mengakhiri perang saudara selama tiga tahun di Suriah, yang telah menewaskan lebih dari 120 ribu orang.

Pihak oposisi mengatakan perundingan harus mengarah pada pemerintahan transisi yang akan membuat Presiden Suriah Bashar al-Assad mundur dari jabatan. Namun pemerintah menolak permintaan tersebut.

John Kerry mengatakan "tidak masuk akal kalau pihak-pihak yang menciptakan kebrutalan dapat membawa Suriah keluar" dari kemelut ini.

John Kerry mengatakan perundingan tidak akan mudah, tapi "mengakhiri perang dan menghentikan pembantaian tidak pernah mudah."
XS
SM
MD
LG