Tautan-tautan Akses

Kerjasama Bilateral China-Jerman di Tengah Pandemi


Foto kombinasi:: Perdana Menteri China, Li Keqiang (kanan) dan Kanselir Jerman, Angela Merkel Photos by ARIS OIKONOMOU and JOHN THYS / AFP).
Foto kombinasi:: Perdana Menteri China, Li Keqiang (kanan) dan Kanselir Jerman, Angela Merkel Photos by ARIS OIKONOMOU and JOHN THYS / AFP).

Perdana Menteri China, Li Keqiang, Kamis (11/6) bersama Kanselir Jerman, Angela Merkel mengadakan pembicaraan melalui video dan sepakat untuk memperdalam rasa saling percaya sekaligus meningkatkan kerjasama di segala bidang.

Li mengemukakan kerjasama bilateral China-Jerman terus berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Li menjelaskan sangat mementingkan hubungan China dengan Jerman dan menambahkan bahwa negara tirai bambu itu bersedia memperdalam rasa saling percaya, tetap berdialog, dan mempromosikan kerjasama di berbagai bidang dalam kerangka saling menghormati, kesetaraan dan saling menguntungkan yang mendorong kemajuan baru dalam hubungan China-Jerman.

China bersedia memperkuat kerjasama dengan Jerman untuk memerangi Covid-19, kata perdana menteri tersebut.

Li memaparkan terkait pemulihan ekonomi setelah pandemi, China bersama Jerman harus melakukan upaya melalui kerjasama multilateral, memperluas keterbukaan dalam menciptakan kemudahan penyelenggaraan bisnis, dan menjaga stabilitas produksi dan rantai pasokan.

Perdana Menteri Li menyatakan dukungan China terhadap proses integrasi Eropa dan lebih jauh menambahkan bahwa memperdalam kerja sama China-Jerman dan China-Eropa yang saling menguntungkan.

Ketika Jerman akan mengambil alih kepemimpinan secara bergilir dalam Uni Eropa, China berharap dapat berperan lebih besar dalam mendekatkan hubungan China-Eropa, demikian ditambahkan oleh Li Keqiang.

China bersedia mempertahankan hubungan kerjasama tingkat tinggi dan mendorong kerjasama pada tingkat yang praktis dengan Eropa, demikian Perdana Menteri Li menyatakan dan berharap negosiasi terkait perjanjian investasi China-Eropa secepat mungkin akan terselesaikan.

Sementara itu, Merkel mengemukakan Jerman dan China mempertahankan komunikasi tingkat tinggi yang erat dan melakukan kerjasama yang baik dalam melawan pandemi.

Merkel menyatakan Jerman bersedia untuk meningkatkan kerjasama dengan China di semua bidang, melindungi multilateralisme, dan memelihara koordinasi dengan China dalam urusan WTO.

Merkel menjelaskan rencana kerjasama Jerman dengan China untuk mempercepat negosiasi dalam perjanjian investasi Eropa-China dan mendorong hubungan Jerman-China dan Eropa-China.

Sebelum pembicaraan melalui video, kedua negara tersebut menandatangani beberapa kesepakatan kerjasama tentang mobil, sejumlah proyek uji coba pembangkit listrik turbin gas dan pelatihan personil melalui internet. [mg/jm]

XS
SM
MD
LG