Tautan-tautan Akses

Kerja Sama Rusia dan Arab Saudi Masih Terbatas


Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi memeriksa pasukan kehormatan saat tiba di Bandara Udara Pemerintah Vnukovo di Moscow, dalam kunjungan perdana ke Rusia, 4 Oktober 2017.

Lawatan perdana Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ke Rusia pekan ini diisi dengan penandatanganan kesepakatan investasi energi dan pertahanan bernilai miliaran yang akan memperdalam hubungan antara kedua negara, meskipun masa lalu mereka sarat pertentangan.

Tetapi analis mengatakan, kepentingan pribadi dan aliansi Timur Tengah akan menghambat terbentuknya kemitraan yang lebih dalam.

Dalam lawatan pertama ke Rusia oleh seorang Raja Arab Saudi, kedua pihak menyepakati proyek-proyek miliaran dolar, mencakup eksplorasi antariksa, energi nuklir dan minyak, termasuk dana satu miliar dolar untuk kerjasama energi dan dana satu miliar dolar untuk investasi teknologi tinggi.

Bahkan rombongan Raja, terdiri atas 1.500 orang dan dilaporkan kantor berita Bloomberg memesan dua hotel mewah tak jauh dari Lapangan Merah Moskow untuk lawatan empat hari itu, sedikit mendongkrak ekonomi Rusia. [ka]

XS
SM
MD
LG