Tautan-tautan Akses

Kereta Tabrak Bis di Pakistan, 19 Tewas


Penduduk setempat berkumpul di sekitar bus yang hancur akibat tabrakan dengan kereta api di Farooq Abad, distrik Sheikhupura, Pakistan, Jumat, 3 Juli 2020.

Sebuah kereta penumpang menabrak sebuah bis yang mengangkut jemaah Sikh di sebuah pintu lintasan kereta yang tidak dijaga di wilayah timur Pakistan, Jumat, menewaskan sedikitnya 19 orang dan melukai beberapa lainnya.

Menurut keterangan polisi, kecelakaan terjadi di distrik Sheikhupura di provinsi Punjab. Jemaah Sikh yang menjadi korban berasal dari kota Peshawar. Mereka dalam perjalanan pulang dari kuil suci Nankana Sahib di Sheikupura. Mereka yang tewas dan terluka dilarikan ke sebuah rumah sakit terdekat.

Sikh memiliki sejumlah kuil yang didedikasikan untuk para pemimpin keagamaan mereka. Salah satunya kuil khusus untuk Guru Nanak, di Kartarpur, Pakistan, yang berbatasan dengan Punjab. Kuil itu dibangun setelah ia meninggal pada abad ke-16.

Banyak tempat-tempat suci Sikh menjadi bagian dari Pakistan setelah pemerintah kolonial Inggris membelah subkontinen itu menjadi India dan Pakistan pada 1947.

Kecelakaan kereta sering terjadi di Pakistan karena pengawasannya yang lemah. November lalu, seorang penumpang memicu kebakaran dalam kereta yang menewaskan 74 orang. Ia diduga memasak sarapan pagi dengan kompor gas yang dibawanya ke dalam kereta itu. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG