Tautan-tautan Akses

Kepala SAR: Kondisi Mendukung Upaya Evakuasi Remaja Thailand


Tentara Thailand membawa tangki-tangki oksigen dalam operasi penyelamatan 12 remaja pria dan pelatih tim sepak bola mereka yang terperangkap di gua Tham Luang di Taman Hutan Khun Nam Nang Non di distrik Mae Sai, Provinsi Chiang Rai, 7 Juli 2018.

Pemimpin misi penyelamatan 12 anak Thailand dan pelatih sepak bola mereka mengatakan, kondisi mendukung untuk mengoperasikan misi penyelamatan dan memindahkan anak-anak itu dari gua yang banjir.

Narongsak Osottanakorn, kepala misi penyelamatan, mengatakan kepada wartawan, Sabtu (7/7), kondisi cuaca dan kesehatan anak-anak itu cukup baik untuk mencoba keluar melewati jalur gua yang sempit dan digenangi air itu.

Komentarnya bertentangan dengan penilaiannya 12 jam sebelumnya, ketika dia mengatakan, anak-anak itu tidak siap untuk upaya yang sesulit itu. Mereka telah terperangkap di gua itu sejak 23 Juni dan hanya punya makanan dan air yang terbatas.

“Kami sudah memutuskan secara jelas apa yang bisa kami lakukan,” katanya kepada kantor berita Perancis. Katanya, tingkat oksigen cukup untuk remaja-remaja itu untuk bertahan di gua, tingkat karbon dioksida meningkat, dan hujan bisa meningkatkan banjir serta mengurangi ruang kering dimana mereka berlindung.

Pakar di lokasi itu mengatakan, ketinggian air diduga sudah menurun setelah berhari-hari dilakukan pemompaan, tetapi hujan bisa membuat upaya itu sia-sia. [jm/vm]

XS
SM
MD
LG