Tautan-tautan Akses

AS

Kepala Pentagon Pecat Menteri AL Terkait Kasus SEAL


Menteri Angkatan Laut Richard V. Spencer memberi pengarahan kepada kru kapal induk USS Gerald R. Ford saat mengunjungi kapal yang sedang berlayar di Samudra Atlantik, 27 Oktober 2019.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper telah meminta Menteri Angkatan Laut Richard Spencer untuk mengundurkan diri terkait penanganan kasus seorang anggota Navy SEAL yang dituduh melakukan kejahatan perang di Irak.

Esper meminta pengunduran diri tersebut, Minggu (24/11), dan Spencer mengajukannya, kata juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman said.

Permintaan itu melibatkan kasus Chief Petty Officer Edward Gallagher, seorang anggota Navy SEAL yang dituduh melakukan kejahatan perang ketika ditugaskan di Irak pada 2017. Dia dibebaskan dari dakwaan pembunuhan yang lebih berat, tapi dinyatakan bersalah berfoto dengan jenazah seorang remaja militan ISIS. Akibatnya, Gallagher diturunkan pangkatnya.

Tapi Presiden AS Donald Trump melakukan intervensi dan memaafkannya dan mengembalikan pangkatnya.

Hoffman mengatakan Esper telah memberitahu presiden untuk mempertimbangkan Kenneth Braithwaite, duta besar AS untuk Norwegia dan pensiunan Laksamana Angkatan Laut, sebagai Menteri Angkatan Laut yang baru. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG