Tautan-tautan Akses

Kepala Intelijen Inggris: Ancaman Teror Terburuk dalam Karirnya


Andrew Parker, kepala badan intelijen domestik Inggris atau MI5 (foto: dok).

Dalam sebuah pidato publik yang langka hari Selasa (17/10), kepala badan intelijen domestik Inggris (MI5) mengatakan, ancaman teror di negara ini lebih buruk sekarang dibandingkan selama 34 tahun karirnya.

"Sudah jelas bahwa kita dihadapkan pada ancaman teroris yang intensif dari ekstremis Islam di Inggris," kata kepala MI5, Andrew Parker.

"Ancaman itu bersifat multi dimensi, berkembang dengan cepat dan beroperasi pada skala dan kecepatan yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Tetapi demikian juga tanggapan kita," tambahnya.

Parker mengatakan MI5, yang juga dikenal sebagai Layanan Keamanan Inggris, telah mencatat kenaikan dramatis dari ancaman tahun ini, dengan total 36 orang tewas dalam serangan terpisah di London dan Manchester.

"Dua puluh serangan di Inggris telah berhasil digagalkan selama empat tahun terakhir. Banyak lagi yang dicegah oleh intervensi awal yang dilakukan oleh polisi dan kami," kata Parker.

Bulan lalu, sebuah bom rakitan di kereta bawah tanah London melukai sedikitnya 30 orang. Ledakan tersebut merupakan serangan teroris kelima yang besar di Inggris tahun ini. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG