Tautan-tautan Akses

Kenyatta: Pemilihan Presiden Kenya Harus Tetap Dilaksanakan


President Kenya, Uhuru Kenyatta, berbicara dihadapan kampanye Jubilee Party di Nairobi, Kenya, 23 Oktober 2017.

Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta, mengatakan pemilihan presiden Kamis (26/10) harus tetap dilaksanakan dengan atau tanpa kandidat oposisi Raila Odinga.

"Kita disini meminta dengan hormat kepada warga Kayole, mari sepakat untuk memilih dalam jumlah besar dan pilih saya," kata Kenyatta dalam kampanye Senin (23/10) di sebuah lingkungan di Nairobi.

Pemilu Kamis merupakan upaya kedua Kenya tahun ini untuk memilih presiden. Mahkamah Agung membatalkan hasil pemilu 8 Agustus lalu karena apa yang dikatakan MA "penyimpangan dan ketidak sahan."

Pemimpin oposisi Raila Odinga menarik diri dari pencalonannya, dengan mengatakan bahwa komisi pemilu Kenya telah gagal melakukan reformasi pemilu. Koalisi oposisi telah menyatakan keraguan komisi itu siap untuk "melakukan pemilu yang bebas, adil, dan dapat dipercaya."

Kenyatta hari Senin mengatakan pemerintahannya telah memberi komisi itu dana yang dibutuhkan untuk melakukan tugasnya. "Sekarang mereka benar-benar harus menunjukkan hasil kerjanya," kata Kenyatta. [my/al]

XS
SM
MD
LG