Tautan-tautan Akses

Kendaraan Misil Tampak di Lokasi Parade di Korut


Seorang pria menonton layar TV di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, yang menayangkan berita terkait peluncuran rudal Korea Utara, Minggu, 29 Maret 2020. (Foto: dok).
Seorang pria menonton layar TV di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, yang menayangkan berita terkait peluncuran rudal Korea Utara, Minggu, 29 Maret 2020. (Foto: dok).

Sebuah kendaraan yang kemungkinan cukup besar untuk mengangkut misil balistik antarbenua (ICBM) terlihat di sebuah lokasi latihan parade di Korea Utara, sebut sebuah organisasi riset AS. Ini menjadi bukti terbaru bahwa Pyongyang mungkin menggunakan peringatan politik mendatang untuk memamerkan teknologi misilnya.

38 North, situs Internet yang berspesialisasi mengenai Korea Utara, menyatakan, citra satelit komersial dari hari Selasa itu mengungkapkan “kemungkinan kendaraan terkait misil” di Lapangan Latihan Parade Mirim di pinggiran kota Pyongyang, di mana Korea Utara melakukan latihan-latihan parade militer besarnya.

“Meskipun resolusi citra satelit ini tidak memadai untuk menentukan secara persis mengenai kendaraan tersebut, ukuran relatif dan bentuknya menunjukkan kendaraan itu mungkin pengangkut-pendiri-peluncur untuk misil besar,” sebut situs itu Selasa malam.

Kendaraan itu tampaknya memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar tiga meter, “yang akan merupakan ukuran yang cukup untuk membawa ICBM Hwasong,” sebut situs itu. “Kalau tidak, ini mungkin peluncur-pendiri bergerak dengan truk-traktor terpasang pada kendaraan itu,” lanjutnya.

Citra satelit menunjukkan Korea Utara telah melakukan persiapan selama berpekan-pekan untuk mengadakan parade, yang diperkirakan berlangsung pada 10 Oktober mendatang, yang merupakan peringatan 75 tahun berdirinya Partai Pekerja Korea yang berkuasa di negara itu. Peringatan semacam itu adalah acara besar di negara yang dipimpin satu partai tersebut.

Beberapa analis memprediksi Korea Utara mungkin akan mengungkapkan ICBM barunya yang berbahan bakar padat pada parade itu. Yang lainnya menyatakan Pyongyang dalam waktu dekat dapat memamerkan misil balistik yang diluncurkan dari kapal selam, SLBM, kemungkinan melalui uji peluncuran.

Teknologi itu menambah komponen baru bagi arsenal Korea Utara yang tidak mudah diprediksi. Bahan bakar padat lebih mudah diangkut dan memerlukan lebih sedikit waktu untuk mempersiapkan peluncuran. SLBM juga mudah dipindah-pindahkan dan lebih mudah untuk bersembunyi. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG