Tautan-tautan Akses

Kembali Terpilih Jadi Presiden, Putin Tegaskan Kekuasaan yang Luar Biasa


FILE - Russian President Vladimir Putin addresses members of the Defense Ministry, the National Guard, the Interior Ministry, the Federal Security Service and the Federal Guard Service at the Kremlin, in Moscow on June 27, 2023.
FILE - Russian President Vladimir Putin addresses members of the Defense Ministry, the National Guard, the Interior Ministry, the Federal Security Service and the Federal Guard Service at the Kremlin, in Moscow on June 27, 2023.

Hanya beberapa bulan menjelang ulang tahun seperempat abad kepemimpinannya di Rusia, pada Selasa, Vladimir Putin akan menerima salinan konstitusi dan memulai masa jabatan presiden enam tahun berikutnya. Kemenangannya dalam Pemilu Rusia tahun ini menegaskan kekuasaan luar biasa Putin.

Sejak menjadi presiden pada akhir 1999, Putin telah mengubah Rusia menjadi negara yang sangat terpusat. Dia menerapkan kebijakan yang menindas oposisi politik, mengusir jurnalis independen ke luar negeri, dan mempromosikan penghargaan terhadap "nilai-nilai tradisional" yang dianggapnya bijaksana. Dampaknya adalah dukungan yang luas dari masyarakat.

Pengaruh Putin begitu dominan sehingga pejabat lain hanya bisa diam ketika dia memulai perang di Ukraina, meskipun diperkirakan bahwa invasi tersebut akan mendapatkan kecaman internasional, sanksi ekonomi yang keras, dan merugikan Rusia dengan mengorbankan nyawa tentaranya.

Dengan tingkat kekuasaan sebesar itu, apa yang akan dilakukan Putin pada masa jabatan berikutnya merupakan pertanyaan yang menakutkan, baik di dalam maupun luar negeri.

Layar TV memperlihatkan Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan dimulainya operasi militer di Ukraina pada Februari 2022. (Foto: AP)
Layar TV memperlihatkan Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan dimulainya operasi militer di Ukraina pada Februari 2022. (Foto: AP)

Konflik di Ukraina, di mana Rusia mencapai kemajuan yang stabil menjadi sumber keprihatinan utama, dan tidak ada tanda-tanda bahwa dia akan mengubah kebijakannya.

“Perang di Ukraina adalah inti dari proyek politiknya saat ini, dan saya tidak melihat adanya indikasi bahwa hal itu akan berubah. Dan hal itu berdampak pada hal lainnya,” kata Brian Taylor, profesor di Universitas Syracuse dan penulis “The Code of Putinism,” dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press.

“Hal ini mempengaruhi siapa yang memegang posisi apa, mempengaruhi sumber daya yang tersedia dan mempengaruhi perekonomian, mempengaruhi tingkat penindasan secara internal,” katanya.

Dalam pidato kenegaraannya pada Februari, Putin berjanji untuk mencapai tujuan Moskow di Ukraina, dan bersedia melakukan segala yang diperlukan untuk "mempertahankan kedaulatan dan keselamatan warga negara kami." Dia menyatakan bahwa militer Rusia telah mendapatkan "pengalaman tempur yang luas" dan "dengan tegas mengambil inisiatif dan melancarkan serangan di berbagai sektor."

Ini akan membutuhkan biaya yang sangat besar, yang dapat menguras dana yang tersedia untuk proyek-proyek domestik yang luas dan reformasi di bidang pendidikan, kesejahteraan, dan pengentasan kemiskinan yang Putin gambarkan secara terperinci dalam berdurasi dua jam.

Taylor berpendapat bahwa proyek-proyek semacam itu disertakan dalam pidato tersebut untuk menegaskan komitmen yang sungguh-sungguh dalam mewujudkannya.

Putin “memikirkan dirinya sendiri dalam konteks sejarah besar tanah Rusia, membawa Ukraina kembali ke tempat asalnya, ide-ide semacam itu. Dan menurut saya program-program tersebut mengalahkan program-program yang bersifat sosio-ekonomi,” kata Taylor.

Jika perang berakhir dengan kekalahan total bagi kedua belah pihak, dan Rusia tetap menguasai sebagian wilayah yang telah direbutnya, negara-negara Eropa khawatir bahwa Putin akan terdorong untuk melakukan tindakan militer lebih lanjut di wilayah Baltik atau Polandia.

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan Kementerian Dalam Negeri di Moskow, Rusia, 2 April 2024. (Foto: Sputnik/Sergei Savostyanov/Kremlin via REUTERS)
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan Kementerian Dalam Negeri di Moskow, Rusia, 2 April 2024. (Foto: Sputnik/Sergei Savostyanov/Kremlin via REUTERS)

“Ada kemungkinan bahwa Putin memang mempunyai ambisi besar dan akan mencoba mengikuti kesuksesan yang merugikan di Ukraina dengan melakukan serangan baru di tempat lain,” tulis profesor hubungan internasional Harvard Stephen Walt dalam jurnal Foreign Policy. “Namun, sangat mungkin bahwa ambisinya tidak melampaui apa yang telah dimenangkan oleh Rusia – dengan biaya yang sangat besar dan bahwa ia tidak memiliki kebutuhan atau keinginan untuk bertaruh lebih banyak lagi.”

Namun, Walt menambahkan, “Rusia tidak akan mampu melancarkan perang agresi baru ketika perang di Ukraina akhirnya berakhir.”

Kekhawatiran yang rasional seperti itu mungkin tidak akan terbukti, kata yang lain. Maksim Samorukov, dari Carnegie Russia Eurasia Center, menyatakan bahwa "dipicu oleh keinginan dan imajinasi Putin, Moskow mungkin akan melakukan kesalahan yang merugikan dirinya sendiri."

Dalam komentarnya di Foreign Affairs, Samorukov menyatakan bahwa usia Putin dapat memengaruhi penilaiannya.

“Pada usia 71… kesadarannya akan kematiannya pasti mempengaruhi pengambilan keputusannya. Perasaan bahwa ia mempunyai waktu yang terbatas tidak diragukan lagi berkontribusi pada keputusannya yang menentukan untuk menginvasi Ukraina,” ujarnya.

Secara keseluruhan, Putin mungkin memasuki masa jabatan barunya dengan cengkeraman kekuasaan yang lebih lemah dibandingkan yang terlihat.

“Kerentanan Rusia tersembunyi di depan mata. Kini, lebih dari sebelumnya, Kremlin mengambil keputusan dengan cara yang dipersonalisasi dan sewenang-wenang, bahkan tanpa kendali dasar,” tulis Samorukov.

“Elit politik Rusia semakin patuh dalam melaksanakan perintah Putin dan semakin patuh pada pandangan dunianya yang paranoid,” tulisnya. Rezim ini “berada dalam risiko kehancuran permanen dalam semalam, seperti yang dialami pendahulunya di Uni Soviet tiga dekade lalu.”

Putin pasti akan melanjutkan permusuhannya terhadap Barat, yang ia katakan dalam pidato kenegaraannya “ingin melakukan hal yang sama terhadap Rusia seperti yang mereka lakukan di banyak wilayah lain di dunia, termasuk Ukraina: untuk membawa perselisihan ke dalam negara kita. rumah, untuk melemahkannya dari dalam.”

Perlawanan Putin terhadap Barat tidak hanya mencerminkan kemarahannya terhadap dukungannya terhadap Ukraina, tetapi juga terhadap apa yang ia anggap sebagai kemerosotan moral Rusia. [ah/ft]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG