Tautan-tautan Akses

Kembali ke Kampung Halamannya di Scranton, Biden Bandingkan Kebijakan Pajaknya dengan Trump


Presiden AS Joe Biden berbicara dalam sebuah kampanye di Pusat Kebudayaan Scranton di Scranton, Pennsylvania, pada 16 April 2024. (Foto: AFP/Andrew Caballlero-Reynolds)
Presiden AS Joe Biden berbicara dalam sebuah kampanye di Pusat Kebudayaan Scranton di Scranton, Pennsylvania, pada 16 April 2024. (Foto: AFP/Andrew Caballlero-Reynolds)

Presiden Joe Biden mendatangi kembali kota masa kecilnya di Scranton pada Selasa (16/4) untuk memulai kampanye selama tiga hari di Pennsylvania. Dia memanfaatkan kesempatan itu untuk berkampanye di negara bagian kunci dalam pemilihan presiden mendatang di saat Donald Trump harus menghadiri persidangan kasus kriminal yang menjeratnya.

Biden memanfaatkan Scranton, kota kelas pekerja dengan penduduk sekitar 75.000 jiwa, untuk menjual gagasan pemberlakuan pajak bagi warga kaya. Pada kesempatan tersebut, ia juga menggambarkan Trump, kandidat partai Republik dan seorang miliarder, sebagai alat dari kepentingan golongan kaya.

“Trump memandang ekonomi dari Mar-A-Lago, di mana dia dan rekan-rekannya yang kaya merangkul kebijakan yang menguntungkan warga kaya, namun telah menyengsarakan keluarga kelas pekerja selama lebih dari 40 tahun,” kata Biden.

“[Pilihannya adalah] nilai-nilai dari Scranton atau Mar-A-Lago. Ini adalah visi yang saling bersaing dalam perekonomian kita, dan visi tersebut mempertanyakan keadilan fundamental yang menjadi inti dari kampanye ini,” katanya.

Biden berharap dapat menata ulang percakapan yang terjadi seputar kondisi ekonomi, yang telah menyebabkan banyak warga kecewa dengan situasi finansial mereka di saat inflasi dan suku bunga tinggi terus bertahan, meskipun tingkat pengangguran tercatat rendah di Amerika Serikat.

Isu pajak merupakan bagian penting dari usaha Biden untuk menumpulkan daya tarik populis Trump dan memperlihatkan bagaimana Trump tidak memahami dan tidak peduli dengan kebutuhan kebanyakan warga AS.

“Donald Trump melihat dunia ini secara berbeda dari Anda dan saya. Dia bangun setiap pagi di Mar-A-Lago dan berpikir tentang dirinya sendiri – bagaimana dia bisa membantu rekan-rekan miliardernya untuk meraih kekuasaan dan kendali serta memaksakan agenda ekstrem mereka pada kita semua,” kata Biden.

Ketika Trump menjadi presiden, dia menandatangani undang-undang pada 2017 yang memberi serangkaian keringanan pajak yang menguntungkan warga kaya.

“Kawan-kawan, penting untuk mengingat dari mana kita berasal. Ketika saya melihat ekonomi, saya tidak melihatnya lewat kacamata Mar-A-Lago, saya melihatnya dari kacamata Scranton,” tambahnya.

Biden berencana menginap pada Selasa malam di Scranton sebelum melanjutkan perjalanan ke Pittsburgh pada Rabu (17/4) pagi. Kemudian dia akan kembali ke Gedung Putih, dan kembali ke Pennsylvania pada Kamis, di mana ia akan berkunjung ke Philadelphia. [jm/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG