Tautan-tautan Akses

Keluarga Susun Rencana Pemakaman untuk George HW Bush


Presiden George H.W. Bush saat dilantik sebagai presiden AS ke-41 di depan Capitol didampingi oleh istrinya, Barbara Bush, yang memegang Alkitab untuk suaminya, 20 Januari 1989.
Presiden George H.W. Bush saat dilantik sebagai presiden AS ke-41 di depan Capitol didampingi oleh istrinya, Barbara Bush, yang memegang Alkitab untuk suaminya, 20 Januari 1989.

Rincian mengenai acara pemakaman mantan presiden AS George H.W. Bush, yang meninggal dunia pada Jumat (30/11) dalam usia 94, sedang disusun oleh keluarga Bush, kata Departemen Pertahanan, Sabtu (1/12).

Bush, yang menjabat sebagai presiden pada 1989-1993, akan dimakamkan dalam upacara kenegaraan pada Rabu (5/12) di Katedral Nasional di Washington, disusul dengan penguburan pada Kamis (6/12) di perpustakaan kepresidenannya di Texas.

Setelah upacara kedatangan di Ibu Kota AS pada Senin (3/12), jenazahnya akan disemayamkan di Capitol Rotunda. Masyarakat bisa mengantre untuk melayat dan melihat peti jenazah Bush dari Senin malam sampai Rabu pagi.

Gedung Putih pada Sabtu mengumumkan bahwa Presiden AS Donald Trump akan menghadiri pemakaman itu.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengatakan dalam pernyataan bahwa Rabu telah ditetapkan sebagai hari berkabung nasional. Sanders juga mengumumkan bahwa bendera-bendera di Gedung Putih telah diturunkan ke setengah tiang untuk menghormati Bush.

Upacara pemakaman kenegaraan biasanya diadakan bagi presiden atau mantan presiden atau para pejabat lain yang ditetapkan oleh presiden.

Menurut situs itu, pemakaman kenegaraan adalah acara yang berlangsung antara tujuh sampai sepuluh hari dan mencakup tiga tahapan: upacara-upacara di negara bagian dimana pejabat itu tinggal, upacara-upacara di Washington, D.C., dan upacara-upacara di negara bagian dimana individu itu telah memilih untuk dikebumikan. [vm]

XS
SM
MD
LG