Tautan-tautan Akses

AS

Keluarga Peringati Setahun Kematian George Floyd


Orang-orang berbaris menjelang setahun peringatan George Flyod di tahanan polisi Minneapolis di Portland, Oregon, A.S. 22 Mei 2021. (Foto: REUTERS/Alisha Jucevic)

Para anggota keluarga George Floyd, dan sejumlah orang lainnya yang kehilangan anggota keluarga dalam peristiwa yang melibatkan polisi, berunjuk rasa dengan para aktivis dan penduduk di Minneapolis pada Minggu (23/5). Mereka berpawai untuk memperingati setahun kematian Floyd.

Ratusan orang berunjuk rasa di depan pengadilan di pusat kota Minneapolis, di mana sidang mantan polisi Derek Chauvin tuntas sebulan lalu. Banyak orang mengangkat poster bergambar Floyd, Philando Castile dan beberapa pria berkulit hitam lain yang tewas dalam penahanan polisi.

Para demonstran meneriakkan "tak ada keadilan, tak ada perdamaian!" dan "sebut namanya!" Gubernur Tim Walz, Wali Kota Minneapolis Jacob Frey dan Walikota St. Paul Melvin Carter hadir di samping beberapa anggota keluarga Floyd, sambil menyaksikan beberapa orator menyerukan keadilan bagi para keluarga korban.

"Tahun yang panjang. Tahun yang menyakitkan," kata saudara perempuan Floyd, Bridgett, kepada massa Minggu (23/5). "Sangat frustasi bagi saya dan keluarga saya karena kehidupan kami berubah dalam sekejap -- saya masih tak tahu kenapa."

Selasa (25/5) akan menandai setahun sejak Floyd, yang berkulit hitam, tewas setelah Chauvin menindih lehernya dengan lutut, sementara Floyd merintih tak bisa bernapas. Chauvin, yang berkulit putih, telah dinyatakan terbukti bersalah melakukan pembunuhan dalam kematian Floyd. [vm/pp]

Lihat komentar (2)

XS
SM
MD
LG