Tautan-tautan Akses

Kelompok Oposisi Suriah Tuding Pemerintah Dibalik Kematian Anggota


Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, pada saat memberikan keterangan pers mengenai pembicaraan damai Suriah, di Jenewa, Swiss, 14 Desember 2017. Mistura menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya anggota Komisi Negosiasi Suriah, Munir Darwish, pada Sabtu, 13 Januari 2018.

Badan oposisi utama Komisi Negosiasi Suriah, SNC, Sabtu (13/1) menuduh pemerintah atas kematian seorang anggotanya setelah kecelakaan mobil di Damaskus.

Munir Darwish, 80, adalah penulis dan pendiri sebuah kelompok oposisi berbasis di Kairo yang dianggap “masih bisa diterima” oleh pemerintah Suriah.

SNC mengatakan Darwish menjadi korban tabrak lari di dekat rumahnya, di Damaskus, dan kemudian menjadi korban pembunuhan terencana Jumat malam.

"Kami menganggap rezim tiran Assad bertanggung jawab atas kematiannya,” kata SNC dalam pernyataan.

Firas al-Khalidi, yang memimpin Cairo Platform, mengatakan kepada AFP bahwa setelah kecelakaan itu, Darwish menjalani operasi pergelangan kaki di rumah sakit Mawasat dan dalam keadaan baik, menunggu keluar dari rumah sakit, Sabtu.

Pernyataan kantor utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengatakan ia sangat terkejut dan berduka mendengar kematian Darwish. Mistura menyerukan agar semua pihak yang terlibat diidentifikasi dan diadili. [ds/sp]

XS
SM
MD
LG