Tautan-tautan Akses

Kelompok Nasionalis Menang Pemilu Bosnia


Para petugas KPU Bosnia melakukan perhitungan surat suara pemilu di kota Zenica (12/10).
Para petugas KPU Bosnia melakukan perhitungan surat suara pemilu di kota Zenica (12/10).

Kelompok nasional diperkirakan memenangkan mayoritas kursi di tingkat lokal, regional dan nasional di Bosnia Herzegovina.

Hasil penghitungan suara sementara atas pemilu hari Minggu di Bosnia dan Herzegovina menunjukkan kelompok nasional memenangkan mayoritas kursi di tingkat lokal, regional dan nasional.

Setelah hampir seluruh surat suara dihitung, kandidat-kandidat dari kelompok nasionalis Bakir Izetbegovic dari Partai Bosnia SDA dan Dragan Covic dari Partai Kroasia HDZ BIH memenangkan kursi dalam sistem pemerintahan yang punya tiga presiden itu.

Pertarungan untuk memperebutkan kursi Serbia berlangsung terlalu sengit, dimana perolehan suara kedua kandidat kelompok nasional – Zeljka Cvijanovic dari SNSD Bosnian-Serb yang berkuasa dan tokoh oposisi Mladen Ivanic – hanya berbeda sangat tipis.

Kepresidenan kolektif adalah elemen dalam pengaturan pembagian kekuasaan yang diciptakan oleh amerika sebagai mediator Perjanjian Perdamaian Dayton untuk mengakhiri perang etnis antara tahun 1992 dan 1995 yang menewaskan 100 ribu orang.

Recommended

XS
SM
MD
LG