Tautan-tautan Akses

Kelompok Lima Desak Venezuela Batalkan Pemilu


Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray berbicara kepada media dalam pertemuan Kelompok Lima, yang dibentuk tahun lalu untuk menekan Venezuela. Anggota Kelompok Lima memonitor pelaksanaan pemilihan presiden Venezuela di Mexico City, 14 Mei 2018.

Belasan negara dari Benua Amerika dan Spanyol mendesak pemerintah Venezuela untuk membatalkan pemilihan presiden pada 20 Mei, Associated Press melaporkan.

Negara-negara yang tergabung dalam Kelompok Lima (Lima Group) mengatakan pemilu itu diserukan oleh Presiden Venezuela Nicolas Maduro secara tidak sah, tidak akan disaksikan oleh pengamat internasional dan tidak akan bebas, adil, transparan dan demokratis.

Pernyataan Senin (14/5) itu disampaikan menyusul pertemuan antara menteri-menteri luar negeri dan ekonomi di Peru untuk membahas krisis politik dan ekonomi di Venezuela.

Pertemuan terbaru kelompok itu yang berlangsung di Mexico City, Senin, memusatkan perhatian pada langkah-langkah yang seharusnya dilakukan oleh negara-negara itu usai pemilu.

Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray menyatakan keprihatinan mengenai ribuan warga Venezuela yang lari dari rumah mereka dan masalah-masalah kesehatan publik yang katanya mereka bawa ke negara-negara tujuan seperti Meksiko. [vm/al]

XS
SM
MD
LG