Tautan-tautan Akses

AS

Kelompok Bipartisan Kongres AS Umumkan RUU Bantuan Covida-19


Para pencari kerja mendatangi Departemen Ketenagakerjaan AS, di New York, di tengah pandemi virus corona, 18 Maret 2020. (Foto: AP)

Kelompok bipartisan anggota Kongres Amerika Serikat (AS) mengumumkan sebuah proposal bantuan Covid-19 yang terperinci pada Senin (14/12). Diharapkan proposal ini bisa digunakan sebagai acuan oleh para pemimpin ketika mereka merundingkan persetujuan akhir.

Belasan anggota Kongres itu mengumumkan dua rancangan undang-undang (RUU). Satu RUU mengusulkan paket bantuan senilai $ 748 miliar untuk bisnis, pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), dan sekolah, serta distribusi vaksin. RUU lainnya mengusulkan paket bantuan senilai $160 miliar untuk pemerintah negara bagian dan lokal yang disukai oleh Demokrat, dan peraturan yang akan melindungi bisnis dari tuntutan hukum terkait Covid-19 yang hendak diperjuangkan Partai Republik.

Namun, persetujuan sangat sulit dicapai, dan kebanyakan Demokrat menentang kompromi seputar isu penuntutan itu yang diusulkan oleh Senator Rob Portman dari Ohio.

Persetujuan terhadap proposal ini masih belum jelas. Perundingan parallel, masing-masing untuk bantuan dan pendanaan pemerintah sedang berlangsung pada tingkat kepemimpinan, melibatkan Ketua DPR Nancy Pelosi, Menteri Keuangan Steven Mnuchin, dan Pemimpin Mayoritas di Senat, Mitch McConnell. Kemungkinan besar, kesepakatan akan digodok di sana. [jm/pp]

XS
SM
MD
LG