Tautan-tautan Akses

Kegiatan Pemerintah AS akan Kembali Dibuka, Faksi Demokrat di Kongres AS Klaim Kemenangan


Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kiri) dan Ketua kelompok minoritas Senat AS Chuck Schumer saat memberikan konferensi pers di Gedung Capitol, Jumat (25/1).

Tokoh-tokoh partai Demokrat dalam Kongres hari Jumat (25/1) menyatakan kemenangan dalam perundingan dengan Presiden Trump untuk membuka kembali kegiatan pemerintah federal yang telah ditutup selama lima minggu.

Ketua kelompok minoritas dalam Senat Chuck Schumer mengatakan, “Kami berharap presiden sudah mendapat pelajaran yang berharga dari peristiwa ini.” Ini dikatakannya beberapa saat setelah Trump mengumumkan akan membuka kembali kantor-kantor pemerintah selama tiga minggu.

Perjanjian yang dicapainya dengan kelompok Demokrat itu tidak mencakup pendanaan untuk membangun tembok di perbatasan dengan Meksiko.

Penutupan kantor-kantor federal yang merupakan terlama dalam sejarah Amerika “akhirnya akan berhenti hari ini,” kata Schumer setelah Senat dan DPR meloloskan RUU pembukaan kegiatan pemerintah itu, dan mengirimnya ke Gedung Putih untuk ditandatangani oleh Trump.

Senator Schumer juga memberikan pernyataan melalui Twitter.

Kantor berita AFP melaporkan Trump akhirnya mengalah setelah adu kuat selama 35 hari dengan kelompok Demokrat, terutama ketua DPR Nancy Pelosi.

Pelosi berdiri bersama Schumer dalam memuji kesepakatan itu tapi tidak menunjukkan kegembiraan karena Trump tidak minta dana untuk membangun tembok itu. Tapi katanya, “sangat menyedihkan, karena dibutuhkan sekian lama untuk mencapai kesimpulan yang mudah ini.” Ia menambahkan bahwa “perbedaan pendapat janganlah digunakan sebagai alasan untuk menutup kegiatan pemerintah.” (ii)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG