Tautan-tautan Akses

Kegiatan Inaugurasi Trump Dimulai Hari Ini


Gedung Capitol, Washington DC tengah dihias untuk persiapan inaugurasi Trump, 20 Januari 2017 (Foto: dok).

Berbagai kegiatan terkait pelantikan Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat, berlangsung selama tiga hari, mulai hari ini, Kamis siang (19/1) waktu setempat.

Trump dan wakil presiden terpilih Mike Pence, akan menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Arlington, di mana lebih dari 400 ribu veteran militer dan anggota keluarga mereka dimakamkan.

Trump akan berbicara pada acara perayaan di Monumen Lincoln. Acara ini akan menampilkan pertunjukan musik, mulai dari penyanyi musik country Toby Keith dan Lee Greenwood, serta band musik rock 3 Doors Down dan lain-lainnya.

Pada Kamis malam (19/1), Trump, Pence dan para pejabat lainnya diperkirakan menghadiri acara jamuan malan malam dengan para donor kampanyenya di Union Station, Washington.

Jumat (20/1), merupakan hari peralihan di Gedung Putih dari Presiden Barack Obama ke Donald Trump.

Trump dan keluarganya akan menghadiri kebaktian pada pagi hari sebelum ke Gedung Putih bersama istrinya, Melania, untuk minum kopi bersama Obama dan istrinya, Michelle. Sesuai tradisi, presiden yang akan mengakhiri jabatannya dan presiden yang akan segera dilantik pergi bersama dari Gedung Putih, melewati Pennsylvania Avenue menuju Gedung Kongres untuk mengikuti upacara pelantikan.

Di Capitol, Trump dan Pence akan diambil sumpahnya dengan dikelilingi sekelompok pejabat tinggi dan mantan presiden Amerika, serta ratusan ribu orang yang menyaksikannya dari Mal Nasional.

Trump akan diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts dengan menggunakan kitab suci milik keluarga Trump dan apa yang dikenal sebagai Alkitab-nya Lincoln, yang digunakan Obama dalam dua kali upacara pelantikannya. Pence akan diambil sumpahnya oleh Hakim Agung Clarence Thomas.

Trump, seperti setiap presiden pendahulunya, akan menyampaikan pidato pelantikan. Sebagian pidato itu ada yang pendek, hanya beberapa ratus kata, sedangkan yang terpanjang mencakup lebih dari 8.400 kata. Kedua pidato Obama mencakup sekitar 2.100 dan 2.400 kata.

Gedung Capitol saat pelaksanakan gladi bersih untuk inaugurasi Presiden Trump, 15 Januari 2017 (Foto: dok).
Gedung Capitol saat pelaksanakan gladi bersih untuk inaugurasi Presiden Trump, 15 Januari 2017 (Foto: dok).

Pada akhir upacara, keluarga Obama akan meninggalkan Capitol dan memulai hidup mereka sebagai warga negara biasa.

Di dalam gedung Capitol, akan berlangsung jamuan makan siang untuk menghormati pemerintahan baru.

Trump dan Pence kemudian akan menyusuri kembali Pennsylvania Avenue dalam pawai menuju Gedung Putih. Pawai itu akan diikuti kendaraan-kendaraan hias, berbagai kelompok masyarakat serta band untuk menghibur ribuan orang yang berjajar di tepi jalan.

Jumat malam (20/1), Trump dijadwalkan menghadiri tiga acara pesta dansa resmi, tradisi yang bermula pada tahun 1809. Banyak lagi pesta dansa tak resmi akan diselenggarakan di Washington.

Sabtu pagi (21/1) merupakan kegiatan resmi terakhir, dengan acara sarapan dan doa nasional di Katedral Nasional Washington. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG