Tautan-tautan Akses

Kebun Binatang Paris Ungkapkan Misteri 'Gumpalan' Kuning Cerah


Blob, organisme bersel satu di Kebun Binatang Paris, termasuk famili Myxomycetes, dari kelas jamur lendir. (Foto: videograb)

Kebun Binatang Paris menyambut hangat datangnya penghuni baru yang disebut ‘blob’. Organisme bersel satu berwarna kuning terang dan tidak memiliki otak itu, ada di seluruh dunia. Blob dapat bergerak, makan, bahkan memecahkan masalah. Ini pertama kalinya di dunia blob diperkenalkan kepada publik.

Blob, organisme bersel satu yang ditampilkan di Kebun Binatang Paris ini termasuk famili Myxomycetes, dari kelas jamur lendir. Blob bukan hewan maupun jamur, namun memiliki karakteristik keduanya.

“Sesungguhnya blob merupakan benda paling luar biasa yang hidup di bumi. Blob sudah ada di bumi selama jutaan tahun. Kami masih belum tahu apakah blob itu. Kamibenar-benar tidak tahu apakah itu binatang, jamur, atau di antara keduanya,” jelas Bruno David, Direktur Natural History Museum (Museum Sejarah Alam).

Aneka Info VOA: Blob, Penghuni Baru Kebun Binatang Paris
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:28 0:00

Blob hidup dan tumbuh di semak-semak dalam hutan lembab yang jauh dari sinar cahaya.

Penelitian menunjukkan lendir kuning itu dapat memulihkan diri dalam dua menit apabila dipotong menjadi dua bagian.

Blob juga bisa bergerak tanpa anggota-anggota tubuh.

Blob (Foto: videograb)
Blob (Foto: videograb)

Blob tidak memiliki otak, namun dapat memecahkan beberapa masalah dan menularkan apa yang dipelajarinya. “Blob akan belajar cara melewati rintangan demi mendapatkan makanannya. Kemampuan itu bisa dipercepat dengan melakukan sejumlah latihan. Jika kita menggabungkan dua blob, maka blob yang belajar akan mengirimkan pengetahuannya ke blob lainnya,” imbuh Bruno David.

Sementara banyak hal tentang blob masih menjadi misteri, para peneliti menemukan makhluk tersebut tumbuh subur pada sereal yang biasa disantap untuk sarapan.

Meskipun tidak memiliki mulut, perut, dan mata, blob masih dapat mendeteksi dan menyantap makanannya.

Banyak dari keanehan biologis semacam ini terdapat di alam bebas, dengan karakteristik yang berbeda di berbagai benua. Akan tetapi inilah pertama kalinya di dunia blob dipamerkan di tempat khusus. [mg/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG