Tautan-tautan Akses

Kebakaran di Chili Hanguskan 150 Rumah


Seorang warga berusaha memadamkan api di antara reruntuhan rumah yang terbakar di Valparaiso, Chili Rabu (25/12).

Sejumlah helikopter hari Rabu (25/12) menyiramkan air ke ratusan rumah di pinggiran kota pelabuhan Valparaiso, Chili untuk memadamkan kebakaran yang telah menghancurkan sekitar 150 rumah.

Puluhan orang yang tinggal di kota Rocuant dan San Roque tampak mencari-cari barang berharga yang tersisa diantara puing-puing rumah mereka pasca kebakaran hari Selasa (24/12) yang meluas karena angin kencang. Sejumlah warga telah dievakuasi dan tidak ada laporan jatuhnya korban jiwa.

Menurut penghitungan awal yang diumumkan Menteri Dalam Negeri Gonzalo Blumel, sekitar 150 rumah hancur. Ditambahkannya, pihak berwenang yakin kebakaran ini akibat tindakan yang disengaja dan mendorong orang-orang untuk melaporkan aktivitas apapun yang mencurigakan.

“Belum ada kepastian, tetapi semuanya mengindikasikan bahwa kebakaran kemarin merupakan tindakan yang disengaja, dan dimulai dari daerah yang cukup dekat dengan perumahan,” ujar Ezio Passadore, kepala urusan darurat di Valparaiso.

Kebakaran terjadi di daerah perkotaan, tetapi “aktif” di kawasan hutan, ujar Ricardo Toro, Kepala Kantor Urusan Darurat Chili.

Banyak rumah di pemukiman berpendapatan rendah di mana kebakaran terjadi tidak memiliki aliran air dan mendapat pasokan air bersih beberapa kali dalam seminggu dari sejumlah kapal tanker.

Kebakaran hutan telah beberapa kali terjadi di Valparaiso bulan lalu, ketika Chili berupaya keras mengatasi kekeringan terburuk dalam sejarah. (em/my)

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG